Avengers: Endgame Kalahkan Avatar Sebagai Film dengan Pendapatan Terbesar Akhirnya gelar yang dipegang Avatar selama 1 dekade diambil oleh Avengers Endgame (Foto: Screen Rant)

SETELAH 10 tahun memegang gelar sebagai film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa, akhirnya film Avengers: Endgame berhasil mengambil alih gelar tersebut dari film Avatar yang rilis tahun 2009. Film science-fiction karya James Cameron, Avatar, awalnya memegang rekor dengan pendapatan sebesar USD 2,789 miliar atau setara Rp38,885 triliun. Namun rekor tersebut akhirnya kalah oleh pendapatan Avengers: Endgame yang berhasil mendapatkan keuntungan sebesar USD 2,790 miliar atau setara Rp38,892 triliun.

Baca juga:

Sedikit lagi, Avengers: Endgame Salip Rekor Avatar

Enam negara yang menyumbang pendapatan terbesar bagi film Avengers: Endgame yaitu Amerika sebesar USD 853 juta (Rp11,9 miliar), China sebesar USD 629 juta (Rp8,8 miliar), Britania Raya sebesar USD 114 juta (Rp1,6 miliar), Korea Selatan sebesar USD 105 juta(Rp1,46 miliar), Brazil sebesar USD 85 juta (Rp1,18 miliar), dan Mexico sebesar USD 77 juta (Rp1,07 miliar).

Avengers: Endgame Kalahkan Avatar Sebagai Film dengan Pendapatan Terbesar
Marvel dan Fox kini berada di bawah naungan studio Disney (Foto: Hollywood Reporter)

Semenjak Disney mengakuisisi Fox dengan mengeluarkan uang sebesar USD 71,3 miliar (Rp994 triliun), film Avatar pun sekarang berada di bawah naungan Disney. Berarti saat ini terdapat tujuh dari 10 film dengan pendapatan terbesar sepanjang masa yang berada di bawah naungan Disney.

Baca juga:

Laris Manis, Avengers: Endgame Catat Rekor Global

Kevin Feige selaku presiden Marvel mengumumkan pencapaian ini pada acara Comic-Con International 2019 yang diadakan di San Diego. "Ucapan selamat yang sebesar-besarnya kepada tim studio Marvel dan studio Walt Disney, juga terimakasih kepada fans di seluruh dunia yang telah membantu Avengers: Endgame dalam mencapai rekor bersejarah ini," ucap Alan Horn, co-chairman Disney dan kepala kreatif.

Alan Horn kemudian menambahkan, "Tentu saja, bahkan dengan lewatnya satu dekade, pengaruh yang dibawa oleh Avatar karya James Cameron tetaplah kuat, dan pencapaian kedua film ini adalah tanda bahwa film memiliki kekuatan untuk menggerakan orang-orang dan menyatukan mereka dalam satu pengalaman. Para pembuat film dibalik dunia-dunia fantasi tersebut masih punya sesuatu yang siap mereka berikan dan kita menanti masa depan yang akan dibawa oleh Marvel Cinematic Universe dan Pandora."

Avengers: Endgame Kalahkan Avatar Sebagai Film dengan Pendapatan Terbesar
Deretan film Marvel yang baru saja diumumkan (Foto: JoBlo Movie Trailers)

Pada acara tersebut studio Marvel kemudian membagikan informasi seputar film-film yang akan masuk ke fase keempat Marvel Cinematic Universe dan tanggal penayangannya. Film-film tersebut antara lain yaitu The Eternals, The Falcon and The Winter Soldier, Shang-Chi, Doctor Strange: In the Multiverse of Man, Thor: Love and Thunder, dan masih banyak lagi. (sep)

Baca juga:

Bersiaplah, Ini Deretan Film Superhero Marvel yang Akan Keluar pada Fase 4



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH