Avengers: Endgame Bukan Akhir dari Iron-Man Iron-Man, salah satu karakter ter-ikonik dari Marvel (Foto: WallpaperCave)

FILM Avengers: Endgame jadi akhir cerita banyak karakter Avengers, termasuk Tony Stark. Ia mengorbankan dirinya saat melawan Thanos dan pasukannya. Tapi apakah benar cerita Tony Stark dan Iron-Man berakhir sampai sini saja?

Baca juga:

Peringati Kepergian Iron Man, Penggemar Ini Dedikasikan Hadiah Super Mewah

Peran Iron-Man di MCU

Avengers: Endgame Bisa Bukan Akhir dari Iron-Man
Iron Man jadi film pertama yang mengawali MCU dan babak Infinity Saga (Foto: WallpaperCave)

Cerita Marvel Cinematic Universe dimulai dari film Iron-Man di tahun 2008. Begitu juga dengan babak Infinty saga. Ia pun menjadi salah satu anggota pendiri Avengers, bahkan bisa dibilang sebagai pemimpin pertama Avengers.

Penampilannya di sembilan film MCU menggambarkan perubahan karakternya. Dari seorang yang hanya memikirkan dirinya sendiri, hingga menjadi pahlawan yang siap berkorban demi orang lain.

Perubahan tersebut bisa terjadi karena banyaknya tantangan yang harus ia hadapi. Baik itu para penjahat yang ingin menghancurkan bumi, atau pergelutan dari dalam dirinya sendiri. Semua hal tersebut ia lawan hingga akhirnya menjadi sosok yang disukai banyak orang.

Kenapa Iron-Man Perlu Kembali ke MCU?

Avengers: Endgame Bisa Bukan Akhir dari Iron-Man
Tony Stark bisa dibilang masih memiliki tugas penting di MCU (Foto: WallpaperCave)

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Iron-Man merupakan salah satu karakter yang disukai banyak orang. Saking ikoniknya, kematian Tony Stark di film Avengers: Endgame membuat sedih banyak orang. Padahal plot tersebut sudah diketahui banyak orang sebelum film tersebut ditayangkan.

Selain itu Tony Stark dapat dikatakan masih memiliki tugas yang belum selesai dilakukan. Yaitu membimbing Peter Parker alias Spider-Man, dan mungkin para Avengers muda nantinya.

Hal ini bisa kita lihat lewat film Spider-Man: Far from Home. Dimana keberadaannya masih berperan penting kepada jalan cerita film tersebut. Meskipun Tony Stark sendiri sudah meninggal di film Avengers: Endgame.

Baca juga:

Robert Downey Jr Berharap Ironheart Gantikan Iron Man di MCU

Menghidupkannya Kembali Bukan Cara yang Tepat

Meski begitu, nampaknya menghidupkan kembali Tony Stark bukan cara yang tepat. Marvel jelas punya kemampuan untuk melakukannya. Dan nampaknya sangat menarik bagi Marvel untuk menghidupkan karakter ikonik tersebut kembali.

Tapi adegan kematian Tony Stark begitu heroik, ikonik, dan hebat. Rasanya sangat tidak etis, jika adegan tersebut ternyata bisa dibalik begitu saja. Fans MCU dan Iron-Man bisa jadi malah kecewa berat jika Marvel melakukan hal tersebut.

Bagaimana Cara Iron-Man Kembali ke MCU?

Avengers: Endgame Bisa Bukan Akhir dari Iron-Man
Penampilan AI Tony Stark di komik Marvel (Foto: ScreenRant)

Tony Stark merupakan salah satu karakter paling pintar di MCU. Dan tentunya fans MCU dan Iron-Man tak asing dengan kata AI. Terlebih hubungannya dengan Tony Stark.

Seperti yang diketahui, Tony selama ini memiliki asisten pribadinya dalam bentuk AI. Baik itu J.A.R.V.I.S yang akhirnya menjadi Vision, F.R.I.D.A.Y, atau E.D.I.T.H yang ia tinggalkan untuk Peter Parker di film Spider-Man: Far From Home.

Maka tak jadi hal yang aneh jika Tony membuat AI berdasarkan dirinya sendiri. Bisa jadi ia sudah memperkirakan hal ini dan membuat AI tersebut. Sama seperti pesan holografik yang ia tinggalkan untuk putri kesayangannya.

Konsep ini pun sebelumnya pernah ada di dalam komik Marvel. Ia mengirim AI dirinya ke Riri Williams, ketika dirinya dalam keadaan koma setelah Civil War kedua. AI tersebut menjadi mentor bagi Williams, yang nantinya menciptakan jubah mirip Iron-Man bernama Ironheart.

Dengan menggunakan konsep ini, Tony bisa kembali ke dalam MCU. Asalkan Marvel mampu menciptakan jalan cerita yang tepat, dan tentunya tidak terlalu menghidupkan Tony melalui AI tersebut. Karena alasan yang sudah dibahas sebelumnya. (sep)

Baca juga:

Alternate Post-Credit Iron Man Dirilis Setelah 11 Tahun Tayang



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH