Film

‘Autobiography’ Suguhkan Cerita Menyeramkan dari Karakter Dunia Nyata

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Minggu, 08 Januari 2023
‘Autobiography’ Suguhkan Cerita Menyeramkan dari Karakter Dunia Nyata
Film Autobiogtaphy tayang 19 Januari 2023 di bioskop. (Foto: Instagram/@kawankawanmedia)

SAMPAH kulit kacang berserakan di atas meja bundar bekas kudapan yang disantap oleh Rakib di ruang tamu. Saat sedang santai, tiba-tiba bel rumah berbunyi, rupanya kehadiran Purna, seorang purnawirawan yang kembali ke rumahnya di kampung.

Selama di rumah, Rakib (Kevin Ardilova) kerap dibuat tegang dengan aura dan karakter tegas dari Purna (Arswendy Beningswara). Kepulangan Purna pun bukan tanpa alasan, yakni ingin mencalonkan diri sebagai bupati di sana. Rakib pun mendapatkan tugas tambahan untuk membantu pencalonan bupati Purna, mulai dari memasang spanduk hingga kampanye dari kampung ke kampung.

Aktivitas tersebut pun membuat Purna semakin percaya terhadap Rakib, bahkan sudah dianggap seperti anak sendiri. Begitu pun sebaliknya, Rakib merasa Purna sebagai sosok ayah yang hangat, sementara ayah kandungnya tengah berada di jeruji besi.

Sosok Purna rupanya begitu dihormati dan dianggap paling berkuasa di desa tersebut. Ia juga memilki koneksi yang cukup luas, mulai sari pejabat kepolisian, tentara (anak buahnya), hingga pejabat daerah setempat.

Nahasnya saat melakukan kampanye pencalonan bupati, hal tidak terduga pun terjadi dan membuat semua pandangan Rakib terhadap Purna berubah. Rakib mulai gelisah hari demi hari, mengingat ia tinggal satu rumah dengan Purna. Namun, Purna selalu mengelak seolah semuanya aman-aman saja.

Baca juga:

Film 'Autobiography' Gandeng DoP Polandia untuk Hadirkan Nuansa Gelap

Film bergenre suspense thriller ini menampilkan banyak momen yang meneror namun dalam diam. Meskipun bukan adegan sadis atau yang membuat terkejut tiba-tiba, penonton akan hanyut dalam sebuah ketegangan yang intens. Belum lagi adegan setiap adegan yang didominasi dengan warna gelap berkat kolaborasi bersama Director of Photography (DOP) asal Polandia.

“Saya tidak menganggap bahwa DOP Indonesia tuh enggak bagus. Semua bagus-bagus, kok. Cuma kebetulan saya kenal sama dia dan udah lama ngobrol, jadi kita berkolaborasi. Saya juga suka treatment-treatment dia dengan cara dokumenter, jadi spontan gitu. Kita sampai lokasi, baru bikin,” ujar sutradara Makbul Mubarak kepada Merahputih.com, saat screening Autobiogtaphy di CGV Grand Indonesia, Minggu (8/1).

Film Autobiography, lanjut Makbul, diangkat berdasarkan pengalaman pribadinya dengan sang ayah. Ini iuga menjadi film panjang pertamanya dan didapul sebagai penulis naskahnya.

“Selain itu, ada dua karakter utama dalam film itu dan mereka seperti semacam autobiografi satu sama lain, saling mencerminkan satu sama lain,” kata Makbul.

Baca juga:

Film ‘Autobiography’ Jadi Terbaik di Golden Hanoman Award

‘Autobiography’ Suguhkan Cerita Menyeramkan dari Karakter Dunia Nyata
Autobiography digarap oleh sutradara Makbul Mubarak. (Foto: Poplicist ID)

Makbul sebelumnya dikenal sebagai sutradara film pendek, mulai dari Sugih (2015), Irasaimase (2016), Ruah (2017), hingga Pakai Hati (2021).

“Kenapa harus nonton film ini karena menghadirkan keseraman penonton yang berbeda. Biasanya kan itu cuma ada di film horor. Nah film ini membawa perasaan serem-seren yang berbeda, karena yang hadir sosok nyata, bukan hantu atau setan, tapi orang,” kata Makbul.

Film ini tayang perdana secara internasional di Venice Film Festival pada September 2022 lalu. Tak hanya itu, film ini juga sudah mejeng di Toronto International Film Festival 2022, Busan International Festival 2022, hingga Adelaide Film Festival.

Autobiography yang tayang serentak di bioskop Tanah Air pada 19 Januari 2023, dibintangi oleh Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan almarhum Gunawan Maryanto. (and)

Baca juga:

'Autobiography' Terima Sambutan Hangat di Venice International Film Festival

#Film #Film Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan