Australia Kirim 1 Juta Dosis Vaksin PMK ke Indonesia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 27 Agustus 2022
Australia Kirim 1 Juta Dosis Vaksin PMK ke Indonesia
Arsip - Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Australia Murray Watt saat berada di Jakarta (14/7/2022). (ANTARA/Azis Kurmala)

MerahPutih.com - Pemerintah Australia berkomitmen membantu Indonesia sebagai negara tetangga dalam menekan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK). Salah satunya dengan pengiriman vaksin.

Australia memberikan 1 juta dosis vaksin PMK untuk Indonesia. Vaksin itu nantinya akan didistribusikan oleh pemerintah Indonesia ke daerah-daerah yang paling membutuhkan.

“Kami telah berhasil mencocokkan dosis sesuai dengan jenis PMK yang terdapat di Indonesia. Dosis ini akan sangat efektif memberikan perlindungan terhadap hewan ternak Indonesia,” kata Menteri Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan sekaligus Menteri Penanggulangan Darurat Murray Watt, Jumat (26/8), dikutip Antara.

Baca Juga:

Pemerintah Tengah Giatkan Produksi Vaksin PMK Stereotipe Indonesia

Pengiriman vaksin ke Indonesia, menurut Watt, adalah bagian dari “pendekatan tiga cabang” untuk menjaga Australia bebas dari PMK dengan membantu negara-negara tetangganya dalam menangani wabah, memperkuat perbatasan biosekuritas, dan meningkatkan kesiapsiagaan di dalam negeri.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, Australia akan kembali memasok vaksin PMK senilai 4,4 juta dolar Australia sebagai bagian paket biosekuritas senilai 10 juta dolar Australia (Rp 103,32 miliar) yang baru-baru ini diumumkan untuk Indonesia.

“Keberhasilan pengiriman vaksin ini menunjukkan komitmen Australia untuk mendukung respons Indonesia terhadap wabah dan menekankan hubungan kerja sama yang erat antara kedua negara kita,” tutur Wong. (*)

Baca Juga:

6 Provinsi Dinyatakan Bebas dari Temuan PMK

#Australia #Peternakan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan