Australia Bangun Industri Pengelolaan Air Limbah di Pelembang

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 02 November 2017
Australia Bangun Industri Pengelolaan Air Limbah di Pelembang
Ground Breaking Pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang merupakan hibah dari Pemerintah Australia) di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (2/11). (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

MerahPutih.com - Australia bekerja sama dengan pemerintah pusat membangun instalasi pengelolaan air limbah di Palembang untuk kebutuhan akan air bersih bagi masyarakat.

Seperti dilansir Antara, Gubernur Sumsel Alex Noerdin pada peresmian pembangun IPAL di Palembang, Kamis (2/11), mengatkakan pembangunan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) tersebut merupakan hibah dari Australia.

Dia mengatakan, pembangunan IPAL tersebut menjadi prestasi tersendiri bagi Kota Palembang karena didanai melalui hibah Australia dan pemerintah pusat.

Selain itu pembangunan tersebut akan menjadi contoh bagi kota lain di Indonesia.

Lebih lanjut dia mengatakan, proyek ini bernilai luar biasa, selain menciptakan lapangan kerja akan menjadikan masyarakat Kota Palembang bisa lebih sehat.

"Jadi peresmian pembangunan IPAL tersebut menjadi hal luar biasa karena Palembang memiliki fasilitas yang membanggakan," ujar gubernur.

Memang, lanjut dia, pembangunan tersebut jangka panjang sehingga perlu program yang matang.

Ia berharap selama Asian Games 2018 pengerjaan dihentikan sementara karena pesta olahraga internasional itu harus sukses.

Sementara Dubes Australia untuk Indonesia, Paul Grigson mengatakan, dirinya telah mengetahui Sumsel khususnya Palembang saat ini tengah gencar melaksanakan pembangunan infrastruktur.

Pembangunan IPAL tersebut merupakan permulaan yang sangat baik bagi lingkungan sehingga diharapkan dapat memberikan banyak manfaat di antaranya memperbaiki kualitas air Sungai Musi.

Selain itu juga untuk mencukupi kebutuhan air bersih dan sanitasi masyarakat Palembang, tambah dia. (*)

#Palembang #Limbah
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan