Eksotika Papua

Aunu Sanebre Kelezatan yang Hanya Ada di Papua

P Suryo RP Suryo R - Kamis, 06 September 2018
Aunu Sanebre Kelezatan yang Hanya Ada di Papua
Aunu sanebre terbuat dari ikan teri nasi, parutan kelapa dan irisan daun talas. (Foto: blog.sakama.tokyo)

BILA mendengar Papua pasti yang terbayang salah satunya adalah papeda. Papeda yang terbuat dari sagu itu cocok dimakan dengan ikan kuah kuning. Sebenarnya papeda tak hanya cocok dengan menu ikan itu. Ada satu lagi menu masakan yang cocok dimakan dengan papeda, yakni aunu sanebre.

papeda
Papeda memiliki jodh yang lainnya, aunu sanebre. (Foto: waktuku)

Pasti kamu belum tahu olahan masakan khas Papua ini. Bahan-bahannya sudah pasti kamu kenal, yakni ikan teri, parutan kelapa dan irisan daun talas. Gurih sekali! Sekali mencoba pasti ketagihan. Apalagi disajikan dengan papeda, klop sekali!

Aunu sanebre bukan sekedar makanan khas Papua. Namun sudah mendapatkan kredit sebagai makanan terpopuler. Masakan ini jadi nomini dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) II 2017. Aunu sanebre masuk dalam kategori Makanan Tradisional Terpopuler.

ikan teri nasi
Ikan teri bahan pembuatan aunu sanebre. (Foto: foody)

Wajar saja dianggap populer, karena masakan ini sangat mudah ditemukan di seluruh pelosok Papua. Tak ada yang menolak bila disajikan masakan ini. Kelezatannya memang istimewa dan tidak ditemukan diluar Papua.

Aunu snebre terbuat dari ikan teri nasi yang digoreng kemudian dicampur dengan parutan kelapa dan irisan daun talas. Ketika semuanya sudah tercampur, baru kemudian dikukus. Orang yang hanya melihat akan berpendapat bahwa tektur makanannya pasti kering. Padahal tidak! Teksturnya sedikit basah dan beraroma wangi dari daun talas. (psr)

Baca cara pembuatannya: Resep Aunu Senebre, Masakan Khas Papua Berbahan Dasar Teri

#Eksotika Papua
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan