Otomotif

Audi dan Ken Block Pamerkan Kolaborasi EV Spesial ‘Hoonitron’

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Senin, 15 Agustus 2022
Audi dan Ken Block Pamerkan Kolaborasi EV Spesial ‘Hoonitron’
Hoonitron merupakan bagian dari proyek Gymkahana. (Foto: Audi)

AUDI membangun sebuah mobil spesial S1 E-Tron Quattro pada Desember 2021 untuk pengemudi rally AS, Ken Block. Kini produsen mobil itu telah menjadwalkan untuk membawa mobil yang dijuluki Hoonitron itu ke AS untuk acara Monterey Car Week.

Mengutip The Verge, mobil itu akan disandingkan dengan mobil yang menjadi inspirasi desainnya, yakni Audi Sport Quattro S1 (1985) yang dibuat oleh pembalap rally Walter Röhrl dan rekor pada ajang Pikes Peak International Hill Climb pada 1987.

Baca juga:

Kala Pabrikan Mobil Mewah Berkolaborasi dengan Label Fesyen

Audi dan Ken Block Pamerkan Kolaborasi EV Spesial ‘Hoonitron’
Hoonitron akan disandingkan dengan Audi Sport Quattro S1 (1985). (Foto: Audi)

Performa Audi E-Tron akan tampil sebagai bintang dalam acara terbaru Block bernama Elektrikhana. Nama tersebut merupakan penggabungan antara electric dan gymkhana (motorsport drifting dengan rintangan). Block dan krunya telah memproduksi serangkaian video Gymkhana tahun 2008.

Gymkahana menampilkan aksi dari pengemudi andal saat bermanuver melalui jalur yang tampak mustahil. Sebelumnya, Block telah menjalin hubungan kerja sama dengan Ford Performance untuk seri Gymkhana dan sering menguji kendaraan Ford yang dimodifikasi seperti Focus RS dengan drift stick dan Fiesta 650 tenaga kuda yang Block kendarai di Dubai.

Ken Block memiliki pengalaman berkendara mobil listrik pertamanya ketika Ford mengizinkannya menguji coba Mustang Mach-E praproduksi. Tetapi perwakilan perusahaan itu tidak mengizinkannya menguji batas mobil. Untuk menebusnya, Ford Performance membangun Mustang Mach-E bertenaga 1.400 tenaga kuda, dan Block akhirnya merasakan torsi instan sebuah electronic vehicle (EV).

Baca juga:

New Audi Q7 yang Gagah dan Nyaman

Audi dan Ken Block Pamerkan Kolaborasi EV Spesial ‘Hoonitron’
Ken Block Masih membiasakan diri dalam menggunakan kendaraan listrik. (Foto: Audi)

Tetapi dengan berakhirnya hubungan kerja sama dengan Ford, Block beralih dan bekerjasama dengan Audi dan mewariskan Ford Mustang Hoonicorn miliknya yang terkenal kepada putrinya Lia Block. Ketika Block menguji S1 Hoonitron, ia mengatan bahwa dirinya masih harus membiasakan diri dengan kendaraan listrik.

“Saya akrab dengan berbagai macam mobil yang menggunakan mesin pembakaran internal dan transmisi, tetapi ada banyak hal baru yang saya pelajari di sini. Berputar (drifting) membentuk donat dengan kecepatan 150 km/jam langsung dari posisi diam, dan hanya menggunakan kaki kanan saya, adalah pengalaman yang benar-benar baru bagi saya,” kata Block saat Audi mengumumkan mobil tersebut. (kna)

Baca juga:

BMW Luncurkan Mobil Listrik iX dan i4 di GIIAS 2022

#Otomotif #Audi #Mobil Listrik
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan