Aubameyang Jadi Pembeda Pertandingan Saat Arsenal Tekuk Newcastle Pierre-Emerick Aubameyang saat menjebol gawang Newcastle. (Twitter Arsenal)

MerahPutih.com - Arsenal mencatatkan hasil positif pada laga pembuka Premier League 2019-2020. Tim berjuluk The Gunners itu mengkoleksi tiga poin saat melawan Newcastle United di St James Park, Minggu (11/8) malam Wib. Arsenal menang tipis 1-0 melalui gol yang dicetak Pierre-Emerick Aubameyang.

Arsenal turun dengan taktik 4-2-3-1. Unai Emery mengandalkan Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan. Pergerakannya disokong oleh Henrikh Mkhitaryan dan dua produk akademi, Joe Willock dan Reiss Nelson.

Sedangkan Newcastle asuhan Steve Bruce turun dengan taktik klasik 4-4-2. Miguel Almiron dan rekor transfer klub, Joelinton, turun sebagai ujung tombak dengan dukungan dua pemain di sisi sayap, Matt Ritchie dan Sean Longstaff.

Kedua tim bermain relatif aman di 20 menit pertama. Arsenal sedikit mendominasi penguasaan bola, tapi Newcastle juga menyulitkan mereka dengan tekanan tinggi ketika tim tamu sedang menguasai bola.

Aubameyang
Pierre-Emerick Aubameyang

Hujan peluang terjadi sepanjang 30 menit. Joelinton punya dua peluang, plus satu dari Jonjo Shelve, dan Arsenal juga memilikinya dari peluang yang diciptakan Henrikh Mkhitaryan dan Aubameyang. Sayang, kedua klub gagal mengonversi peluang itu.

Baca Juga:

Arsenal Resmi Bajak David Luiz dari Chelsea

Alasan David Luiz Tega Membelot ke Arsenal

Kedudukan tetap imbang tanpa gol hingga 45 menit plus dua menit tambahan waktu berakhir di babak pertama. Baik Arsenal dan Newcastle belum bisa memanfaatkan peluang yang mereka ciptakan.

Di babak kedua, Bruce memasukkan rekrutan anyar Newcastle lainnya, Jetro Willems, di menit 54 menggantikan Shelvey. Bruce tampak ingin menghidupkan serangan di sisi sayap.

Akan tapi, empat menit berselang, Arsenal mampu mencuri keunggulan. Willems gagal mengontrol bola dan Ainsley Maitland-Niles merebutnya, lalu memberikan assist kepada Aubameyang yang mengecoh kiper Newcastle, Martin Dubravka. 1-0 Arsenal unggul.

Newcastle otomatis langsung meningkatkan tempo bermain mereka. Allan Saint-Maximin masuk di menit 67 menggantikan Longstaff. Tiga menit sebelumnya, Dani Ceballos masuk di kubu Arsenal menggantikan Willock.

Tim tuan rumah sudah mengerahkan segalanya untuk mencetak gol. Namun, pertahanan Arsenal bermain solid di laga ini dan membentuk pertahanan berlapis. Alhasil, skor 1-0 bertahan hingga akhir laga dan Arsenal meraih tiga poin di pekan pembuka Premier League.

Baca Juga:

Manchester United Bikin Debut Frank Lampard Sebagai Pelatih Chelsea Babak Belur

Catatan tersebut menambah catatan buruk Steve Bruce ketika bersua Arsenal. Dari 27 laga menghadapi The Gunners, manajer Newcastle 19 kali kalah dan hanya meraih dua kemenangan.

Sementara itu Aubameyang mencetak 33 gol dari 50 laga Premier League bersama Arsenal. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak sepanjang sejarah klub, mengalahkan torehan 30 gol Thierry Henry.

Selain itu, sejak menjalani debut pada Februari 2018, hanya satu pemain yang mencetak gol lebih banyak dari Aubameyang di Premier League. Pemain yang dimaksud adalah Mohamed Salah dengan 36 gol.

Sepanjang sejarah Premier League, Arsenal telah memainkan 200 pemain pada ajang tersebut. Rekrutan anyar Nicolas Pepe menjadi pesepak bola ke-200 sepanjang sejarah yang membela The Gunners. (BolaSkor.com)


Tags Artikel Ini

Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH