Aturan Lengkap PPKM Level 1 saat Penyebaran Subvarian XBB Ilustrasi varian virus covid xbb. ANTARA/Shutterstock/pri.

MerahPutih.com - Pemerintah kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1 di seluruh Indonesia. Penerapan PPKM di tengah peningkatan COVID-19 subvarian Omicron XBB.

Aturan PPKM Level 1 tertuang dalam melalui Inmendagri Nomor 47 Tahun 2022 untuk PPKM Jawa dan Bali berlaku mulai tanggal 8-21 November 2022.

Sementara itu, wilayah di luar Jawa dan Bali, seluruh wilayah juga menerapkan PPKM Level 1 berdasarkan Inmendagri Nomor 48 Tahun 2022 berlaku hingga 5 Desember 2022.

Baca Juga:

Pemerintah Terapkan PPKM Level 1 Saat Kasus Subvarian COVID-19 Meningkat

Berikut aturan lengkap PPKM level 1:

- Kegiatan Belajar

Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan/atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan SKB Mendikbud, Menkes dan Mendagri.

- Kapasitas Pasar-Supermarket 100 Persen

Kapasitas untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan kapasitas pengunjung 100 persen. Pengunjung juga wajib menggunakan PeduliLindungi.

- WFO 100 Persen

Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 100 persen. Work From Office (WFO) bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

- Mal Sampai Pukul 22.00

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen sampai dengan Pukul 22.00.

Bagi anak usia di bawah 12 tahun wajib didampingi orang tua.

Khusus anak usia enam tahun sampai dengan 12 (dua belas) tahun wajib menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

- Transportasi Umum 100 persen

Sementara itu, transportasi umum massal, taksi dan kendaraan sewa/rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

- Kapasitas Warung Makan-Kafe 100 persen

Sementara itu, pelaksanaan kegiatan makan/minum di warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan dan sejenisnya diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan Pukul 22.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung makan 100 persen.

Juga diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Bagi restoran/rumah makan, kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari dapat beroperasi dengan protokol kesehatan yang ketat dan jam operasional Pukul 18.00 sampai dengan maksimal pukul 02.00 waktu setempat.

Baca Juga:

Seluruh Daerah di Indonesia PPKM Level 1, Berikut Aturan Lengkapnya

- Kapasitas Bioskop 100 persen

Bioskop dapat beroperasi dengan ketentuan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai. Kapasitas maksimal 100 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

- Tempat Ibadah 100 persen

Tempat ibadah (masjid, musala, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah), dapat mengadakan kegiatan peribadatan/keagamaan berjamaah selama masa penerapan PPKM Level 1 dengan maksimal 100 persen kapasitas dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama.

- Kegiatan Seni Budaya-Olahraga Kapasitas 100 Persen

Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi dan hanya pengunjung dengan kategori hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Sekadar informasi, Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal mengatakan bahwa pemerintah tetap mengambil keputusan memperpanjang PPKM untuk menahan laju kenaikan COVID-19.

Pemerintah menyatakan kebijakan PPKM terus dilakukan selama pandemi COVID-19.

Syafrizal menambahkan subvarian Omicron XBB disebut menjadi salah satu penyebab naiknya kembali jumlah kasus aktif di Indonesia.

Namun, beberapa pakar menyampaikan bahwa sebaran subvarian Omicron XBB di Indonesia masih relatif rendah.

Sehingga, tambahnya, ada kecurigaan bahwa kenaikan kasus aktif COVID-19 disebabkan mulai longgarnya kesadaran masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan di komunitas. Dia meminta pemerintah daerah tak lengah. (Knu)

Baca Juga:

Pandemi Belum Usai, PPKM Level 1 Tetap Berlaku di Seluruh Daerah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Ketua LDA dan PB XIII Minta Gibran Segera Revitalisasi Keraton Solo
Indonesia
Ketua LDA dan PB XIII Minta Gibran Segera Revitalisasi Keraton Solo

Gusti Moeng meminta kepada Gibran untuk segera membentuk tim kecil terkait percepatan revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Mahfud MD Sebut Sukarno dan Pendiri Bangsa Lain Ibarat Mata Air yang Alirkan Ide Baru
Indonesia
Mahfud MD Sebut Sukarno dan Pendiri Bangsa Lain Ibarat Mata Air yang Alirkan Ide Baru

kata Mahfud, Sukarno dan pendiri bangsa lain ibarat mata air yang selalu mengalirkan ide-ide baru dan bisa menerapkan kompromi dalam kehidupan berpolitik.

BNPT Temukan Ratusan Konten Propaganda Anti-Pancasila di Media Sosial
Indonesia
BNPT Temukan Ratusan Konten Propaganda Anti-Pancasila di Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan, telah menemukan ratusan konten yang menyebarkan propaganda anti-Pancasila.

Polisi Sebut Penculik 10 Bocah di Jabodetabek Ngaku Mantan Napi Teroris
Indonesia
Polisi Sebut Penculik 10 Bocah di Jabodetabek Ngaku Mantan Napi Teroris

Terkait hal tersebut, Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin menyebut ARA mengaku mantan narapidana terorisme.

Penambahan Harian Kasus COVID-19 di Bawah Angka 2 Ribuan
Indonesia
Penambahan Harian Kasus COVID-19 di Bawah Angka 2 Ribuan

Hingga Jumat (23/9), ada tambahan 1.904 kasus baru corona di Indonesia.

Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam 2 Bulan
Indonesia
Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Naik 5 Persen dalam 2 Bulan

Kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat apresiasi positif dari masyarakat.

Wahana Wisata Air Banyak Diminati, Polisi Ingatkan Keselamatan Pengunjung
Indonesia
Wahana Wisata Air Banyak Diminati, Polisi Ingatkan Keselamatan Pengunjung

sejumlah wisata di Kota Solo dipenuhi pengunjung dalam libur Lebaran 2022. Tak terkecuali wisata taman hiburan air.

KIB Dinilai Koalisi Cerdas
Indonesia
KIB Dinilai Koalisi Cerdas

Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro menilai KIB merupakan koalisi yang cerdas dalam membangun sistem perpolitikan di Indonesia.

Prabowo Diskusi Perkuat Keutuhan NKRI dengan Para Kiai Sepuh NU
Indonesia
Prabowo Diskusi Perkuat Keutuhan NKRI dengan Para Kiai Sepuh NU

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan sejumlah pimpinan pondok pesantren di Jawa Timur di Surabaya, Senin (26/12).

Harga Tiket Formula E Jakarta 2022
Indonesia
Harga Tiket Formula E Jakarta 2022

Ketua Panitia Komite Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menyebutkan, minimal sebanyak 50 ribu tiket siap dijual dengan harga paling rendah Rp 350 ribu hingga jutaan rupiah.