Aturan Konyol tapi Ada Nyata Segudang peraturan aneh tentang mengemudi dari seluruh dunia. (Foto: Pexels/Clyeton Ewerton)

DI Inggris menyetir mobil enggak boleh sembarangan. Kalau menyetir ugal-ugalan layaknya warga +62, dijamin bakal langsung ditangkap sama pihak berwenang. Apalagi seperti geng Ganteng-Ganteng Serigala yang hobinya ngebut-ngebutan di atas sepeda motor. Bisa-bisa langsung diusir deh.

Pasalnya negara Big Ben itu punya buku The Highway Code yang berisi panduan keselamatan, informasi, aturan, dan hukum bagi semua pengguna jalan. Kabarnya, isinya sangat ketat dan cukup aneh. Namun, ternyata enggak cuma Inggris saja yang punya pedoman eksentrik. Sejumlah negara di dunia ini juga punya undang-undang 'ajaib' yang bakal buat kamu geleng-geleng kepala. Berikut beberapa di antaranya seperti dikutip dari laman 'Daily Star UK'.

Baca Juga:

Ada yang Harus Diperhatikan Mengemudi Kala Berpuasa

1. Jepang

aturan
Di Jepang, menyipratkan genangan air ke pejalan kaki adalah sebuah hal yang ilegal. (Foto: Pexels/Luis Quintero)

Sebenarnya orang lebih banyak menggunakan transportasi umum di Jepang. Akan tetapi hal ini tidak membuat hukum pengemudi mobil jadi lebih ringan. Setiap kali hujan turun, mendapat percikan air dari laju mobil adalah hal yang wajar, tapi tidak demikian di Negeri Sakura. Di sana, memercikkan genangan air pada pejalan kaki adalah sebuah hal yang ilegal. Jadi pengendara perlu sangat berhati-hati ketika hari hujan tiba.

2. Thailand

aturan
Semua orang harus mengenakan pakaian ketika menyetir. (Foto: Pexels/cottonbro)

Beda lagi dengan Negara Gajah Putih. Thailand punya peraturan yang cukup aneh buat para pengendaranya. Mereka tidak diperbolehkan menyetir sambil bertelanjang dada. Ini berlaku untuk semua pengemudi, baik mobil, sepeda, maupun transportasi khas Thailand bernama tuk-tuk. Entah apa alasannya, tapi berkendara harus selalu mengenakan baju. Jika tidak, kamu telah melanggar hukum.

3. Amerika Serikat

aturan
Aturan di Sans Fransisco menyebutkan bahwa warga tidak boleh mengeringkan mobil dengan pakaian dalam bekas pakai. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

Ada sejumlah aturan yang sangat aneh di beberapa negara bagian Amerika Serikat. Di San Fransisco misalnya, kamu tidak boleh mengeringkan mobil dengan pakaian dalam bekas. Cukup aneh sebab siapa pula yang mau melakukkannya? Sementara di Alaska mengikat anjing peliharaan ke bagian atap mobil tidak diperbolehkan. Mungkin untuk menghindari bahaya bagi si anjing. Berbeda lagi dengan aturan di Alabama. Berkendara dengan mengenakan penutup mata sangat dilarang. Bahkan tanpa dibuat undang-undangnya pun ini memang sebuah hal yang sangat berbahaya untuk dilakukan.

Baca Juga:

Energi Terbarukan Ramah Lingkungan, Pengganti Energi Fosil

4. Afrika Selatan

aturan
Hukuman denda akan diberikan pada pengendara yang menabrak hewan liar yang sedang menyebrang. (Foto: Unsplash/redcharlie)

Afrika Selatan terkenal dengan satwa liar dan lokasi alamnya yang luar biasa. Untuk itu, pengendara mobil di sini harus berhati-hati karena bertemu dengan hewan di tengah jalan bukan lagi sebuah hal yang aneh. Maka dari itu, pemerintah membuat aturan spesifik di negaranya. Jika kamu gagal mengerem atau berhenti menabrak makhluk yang menyebrang jalan, entah itu sapi atau singa, kamu akan kena denda yang sangat besar. Wajar sih karena artinya kamu bisa mencelakakan binatang yang seharusnya dilindungi.

5. Jerman

aturan
Di Jerman, mencuci mobil hanya boleh dilakukan hari Minggu siang saja. (Foto: Unsplash/Erik McLean)

Kalau di Indonesia, kamu bebas mencuci mobil kapan pun dimana pun, bukan? Namun Jerman punya aturan sendiri. Di negara ini kamu hanya boleh mencuci mobil hari Minggu saja. Bahkan jamnya ditentukan yaitu siang hari. Ternyata tujuannya agar tidak mengganggu waktu pergi ke gereja yang biasanya dilakukan pagi hari. Lucunya lagi, kamu tidak boleh melakukannya di jalanan, bahkan meskipun itu adalah properti pribadi. Sepertinya ditujukan agar tidak mengganggu tetangga ya? Aturan terakhir yang enggak kalah unik adalah warga Jerman tidak boleh menghentikan mobilnya di Autobahn (jalan tol Jerman) meskipun kehabisan bahan bakar sekalipun. Oleh sebab itu, sebelum masuk ke tol setiap pengendara perlu memastikan mobilnya aman dan siap untuk melaju. (sam)

Baca Juga:

Apa itu Aquaplanning? Berbahayakah?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Asus ROG Flow X13, Laptop Convertible untuk Gamers
Fun
Asus ROG Flow X13, Laptop Convertible untuk Gamers

Asus ROG Flow X13, jawaban untuk gamers yang mengidamkan fleksibilitas.

Persiapkan Ini Sebelum Divaksin COVID-19
Fun
Persiapkan Ini Sebelum Divaksin COVID-19

Kenali sejumlah hal penting yang perlu diketahui sebelum divaksin.

Mang Oleng, Kurir Paket Sepeda Motor Kargo
Fun
Mang Oleng, Kurir Paket Sepeda Motor Kargo

Julukan Mang Oleng diberikan oleh anak-anak.

Waspada Munculnya Jerawat Maskne Akibat Pemakaian Masker
Fun
Waspada Munculnya Jerawat Maskne Akibat Pemakaian Masker

di masa pandemi, orang-orang yang mengenakan masker juga berpotensi mengalami maskne.

Nintendo Switch Next-Gen Segera Hadir di 2021
Fun
Nintendo Switch Next-Gen Segera Hadir di 2021

Versi terbaru Nintendo Switch akan hadir dengan sejumlah pembaruan, termasuk beberapa game terbaru.

Meskipun Punya Masalah Berat Badan, Jangan Menyuruh Anak Diet
Fun
Meskipun Punya Masalah Berat Badan, Jangan Menyuruh Anak Diet

Penghitungan BMI (Body Mass Index) untuk anak pun tidak sama dengan orang dewasa.

Penyebab Perceraian Kelabu Seperti Bill dan Melinda Gates
Fun
Penyebab Perceraian Kelabu Seperti Bill dan Melinda Gates

Sebutan untuk perceraian yang sudah berusia 50 tahun ke atas.

Kampanye Piring Bersih di Tiongkok Jadi Upaya Atasi Isu Limbah Makanan
Fun
Kampanye Piring Bersih di Tiongkok Jadi Upaya Atasi Isu Limbah Makanan

Tiongkok luncurkan "Kampanye Piring Bersih" untuk mengurangi limbah makanan.

Satelit Kuno NASA Masuk Masa Pensiun dan Kembali ke Bumi
Fun
Satelit Kuno NASA Masuk Masa Pensiun dan Kembali ke Bumi

Satelit masuk ke Bumi dengan aman karena satelit akan membusuk di atmosfer.