Relasi

Aturan Dasar Hubungan Asmara Perlu Diketahui Sebelum Mencintai Seseorang

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Jumat, 31 Desember 2021
Aturan Dasar Hubungan Asmara Perlu Diketahui Sebelum Mencintai Seseorang
Pedoman dasar mencintai seseorang (Sumber: Pexels/Anastasiya Lobanovskaya)

"CINTA adalah hal yang rumit," demikian pikiran sebagian orang yang kerap kali gagal dalam masalah percintaan. Hei, percayalah, hidup akan jauh lebih mudah apabila kita memiliki pedoman hidup.

Ada empat hal yang harus kita ketahui sebelum terjun dalam dunia percintaan. Dengan demikian, hubungan kita akan berjalan lebih lancar, hidup pun jauh lebih ringan. Berikut beberapa hal yang membuat hubunganmu lebih harmonis dan bertahan lama menurut laman Brightside:

Baca Juga:

Manusia Hanya Jatuh Cinta 3 Kali Seumur Hidup

1. Kamu tidak bisa membuat seseorang mencintaimu

timur
Cinta tidak bisa dipaksakan. (Sumber: Pexels/Timur Weber)

"Aku bisa membuatmu jatuh cinta kepadaku, meski kau tak cinta," Dewa 19 bisa bernyanyi demikian, tapi kenyataan tidak selalu begitu. Orang tidak berkewajiban untuk membalas cinta. Kamu tidak akan serta merta mencintai seseorang yang jatuh cinta denganmu hanya jika kamu tidak menyukainya, 'kan?

Demikian juga dengan orang lain. Kita perlu menghormati perasaan dan pilihan orang lain. Hal terbaik hanyalah memperbaiki diri dan menjadi lebih baik. Selanjutnya, beri waktu untuk orang yang kamu cintai. Biarlah ia memutuskan sendiri apakah kamu layak mendapatkan perasaan mereka.

2. Jika kamu dicintai, kamu akan merasakannya

jatuh cinta
Kamu akan tahu saat orang mencintaimu (Sumber: Elite Daily)



Setiap orang setidaknya memiliki gambaran tentang bagaimana dicintai. Kamu pasti akan menyadarinya jika seseorang memperlakukan dirimu berbeda dari yang lain. Mereka selalu ingin menghabiskan banyak waktu denganmu, menghormatimu, dan peduli dengan perasaanmu, apapun itu yang terjadi.

Walau begitu, kita tidak bisa menyamaratakan semua orang. Jika pasangan tidak selalu bisa meluangkan waktu untukmu, kamu harus melihat situasi dengan tenang dan berhenti mencari alasan.

Baca Juga:

6 Tipe Cinta Menurut Ahli, Pernah Kamu Rasakan?

3. Kamu perlu mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain

cinta diri sendiri
Konsep mencintai diri sendiri bukanlah hal egois (Sumber: Pexels/Inga Seliverstova)



Mencintai diri sendiri bukanlah keegoisan. Itu adalah menghormati keinginan dan perasaan. Dengan mencintai diri sendiri, kamu tidak akan pernah mengkhianati diri sendiri demi kesenangan yang meragukan atau melayani seseorang yang acuh tak acuh terhadapmu. Mencintai diri sendiri memungkinkan kamu menyelamatkan diri sendiri agar tidak terjerumus dalam hubungan toxic. Kamu pun bisa melindungi harga dirimu dalam situasi apapun.

Selain itu, dengan mencintai diri sendiri kamu akan memperlakukan orang lain dengan cinta dan hormat. Kamu tidak akan pernah membuat pasangan melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginan mereka.

4. Jangan menahan seseorang yang tidak lagi jatuh cinta padamu

jangan menahan
Jangan memaksakan cinta. (Sumber: Pexels/cottonbro)


Ini adalah kesalahan umum. Betapapun kejamnya itu terdengar, tidak ada yang wajib mencintaimu selamanya. Tidak peduli apakah kamu memberi mereka tiga anak atau membangun istana bertahtakan berlian.

Jika perasaan itu berlalu, pikirkan apa yang terbaik: mengakhiri cerita lama dan memulai yang baru atau memaksakan diri pada seseorang. Perlu di ingat bahwa menahan seseorang yang tidak lagi mencintaimu akan menyiksa kedua belah pihak. (avia)

Baca Juga:

Jangan Tertipu, Begini Cara Mengetahui Niat Seseorang di Aplikasi Kencan Online!

#Relasi #Pasangan #Pasangan Kekasih #Pasangan Romantis #Pasangan Beruntung
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan