Aturan Berkendara Hingga Kunjungan ke Mal Sesuai Inmendagri 3/2022 Tangkapan layar salinan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 3 Tahun 2022 (kemendagri.go.id)

Merahputih.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengeluarkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) terbaru terkait daerah Jawa dan Bali yang menerapkan PPKM. Dalam instruksi tersebut, ditetapkan beberapa wilayah yang masuk dalam PPKM level tertentu.

Daftar daerah yang menerapkan PPKM tersebut tertuang dalam Inmendagri Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Bagaimana syarat berkendara di Jabodetabek selama PPKM level 2? Dalam Inmendagri No. 3 Tahun 2022 itu disebutkan, transportasi umum boleh mengangkut penumpang secara maksimal.

Baca Juga:

Simak Jadwal Operasional TransJakarta Terbaru Selama PPKM Level 2

Transportasi umum seperti kendaraan umum, angkutan massal, taksi (konvensional dan online) dan kendaraan sewa/rental diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen. Pesawat terbang juga bisa mengangkut penumpang 100 persen. Syaratnya, transportasi umum harus menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sementara persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut, dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional.

Ketentuan persyaratan perjalanan domestik yang diatur Satgas Penanganan COVI-19 terakhir adalah Addendum Surat Edaran No. 24 Tahun 2021. Ada beberapa ketentuan yang diatur di dalamnya.

Pelaku perjalanan jarak jauh dengan seluruh moda transportasi wajib menunjukkan kartu vaksin lengkap (vaksinasi dosis kedua). Pelaku perjalanan juga harus menyertakan hasil negatif rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan.

Baca Juga:

PPKM Level 3, Satpol PP Solo Berlakukan Jam Malam

Namun, ketentuan menunjukkan kartu vaksin lengkap dan hasil negatif rapid test antigen dikecualikan untuk perjalanan rutin dengan moda transportasi darat menggunakan kendaraan pribadi atau umum dan kereta api dalam satu wilayah/kawasan aglomerasi perkotaan. Serta moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluas) dan pelayaran terbatas.

Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 3 Tahun 2022 tentang PPKM di Jawa dan Bali juga melarang adanya kegiatan makan di tempat saat resepsi pernikahan berlangsung di daerah berstatus PPKM Level 2. Jumlah undangan pun dibatasi 50 persen dari kapasitas ruangan.

- Work from office (WFO)

Pelaksanaan kegiatan pada sektor non esensial diberlakukan maksimal 50 persen (lima puluh persen) WFO bagi pegawai yang sudah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dankeluar tempat kerja.

- Masuk supermarket hingga pasar tradisional

Untuk supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dibatasi jam operasional sampai dengan pukul 21.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 75 persen (tujuh puluh lima persen).

Untuk supermarket dan hypermarket wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang dimulai sejak tanggal 14 September 2021 serta hanya dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masukkecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Baca Juga:

PPKM saat Nataru, Asita Jateng Sebut Tidak Berpengaruh pada Pariwisata

- Pusat perbelanjaan atau mal

Kegiatan pada pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan dibuka dengan kapasitas maksimal 50 persen (lima puluh persen) sampai dengan Pukul 21.00 waktu setempat dengan ketentuan sebagai berikut:

1) anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun diperbolehkan masuk dengan syarat didampingi orang tua; dan2) tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/ mall/ pusat perdagangan dibuka dengan syarat orang tua harus mencatatkan alamat dan nomor telepon untuk kebutuhan tracing; dan4) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi terhadap semua pengunjung dan pegawai serta hanya dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasankesehatan.

- Masuk bioskop

Bioskop dapat beroperasi dengan ketentuan sebagai berikut:

1) wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk melakukan skrining terhadap semua pengunjung dan pegawai;

2) kapasitas maksimal 70 persen (tujuh puluh persen) dan hanya dengan kategori Hijau dalam PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan;

3) anak usia di bawah 12 (dua belas) tahun diizinkan masuk dengan syarat didampingi orang tua;

4) restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan menerima makan di tempat (dine in) dengan kapasitas maksimal 50 persen (lima puluh persen) dan waktu makan maksimal 60 (enam puluh) menit. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Harga Sejumlah Bahan Pokok Diklaim Stabil
Indonesia
Harga Sejumlah Bahan Pokok Diklaim Stabil

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim secara umum harga sejumlah bahan pokok (bapok) stabil. Seperti beras, telur ayam, daging, dan cabai.

Prihatin Soal Kenaikan Harga BBM, Megawati: Kalau Tidak Dinaikkan Malah Makin Sulit
Indonesia
Prihatin Soal Kenaikan Harga BBM, Megawati: Kalau Tidak Dinaikkan Malah Makin Sulit

Masyarakat diminta memahami keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengurangi jumlah subsidi sehingga harga BBM jenis pertalite dan solar, serta jenis lainnya jadi meningkat.

 Erick Janji Sinergikan KRL, MRT, LRT dan Kereta Cepat
Indonesia
Erick Janji Sinergikan KRL, MRT, LRT dan Kereta Cepat

Kementerian BUMN juga berencana untuk mensinergikan LRT dan KCJB. LRT nantinya akan tembus ke beberapa titik dan ada yang namanya kereta cepat untuk melayani perjalanan keluar kota.

PeduliLindungi Dikembangkan untuk Jejak Rekam Medis Penyakit Selain COVID-19
Indonesia
PeduliLindungi Dikembangkan untuk Jejak Rekam Medis Penyakit Selain COVID-19

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merencanakan penggunaan PeduliLindungi.

Trik PDIP dan PSI Ramaikan Lagi Usulan Interpelasi Formula E Anies
Indonesia
Trik PDIP dan PSI Ramaikan Lagi Usulan Interpelasi Formula E Anies

- Fraksi PDI Perjuangan dan PSI sebagai inisiator usulan hak interpelasi Formula E mendesak Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi untuk kembali menggelar rapat

Pertamina Terus Memonitor Distribusi Solar Subsidi
Indonesia
Pertamina Terus Memonitor Distribusi Solar Subsidi

Pertamina buka suara menanggapai terjadi fenomena antrean panjang kendaraan untuk pengisian bahan bakar Solar subsidi di luar Pulau Jawa.

Kini, Giliran Pedagang Daging Sapi Jakarta Ancam Mogok Massal
Indonesia
Kini, Giliran Pedagang Daging Sapi Jakarta Ancam Mogok Massal

Pedagang sapi berencana melakukan aksi mogok massal dari 28 Februari-4 Maret 2022.

Giring Mau Jadi Gubernur DKI, Politisi PKS: Emang Punya Nyali
Indonesia
Giring Mau Jadi Gubernur DKI, Politisi PKS: Emang Punya Nyali

Menurutnya, Giring berhak maju di Pilgub DKI 2024 jika mantan vokalis band Nidji itu punya keberanian.

Petinggi ACT Diduga Selewengkan Dana Ahli Waris Kecelakaan Lion Air Rp 34 Miliar
Indonesia
Petinggi ACT Diduga Selewengkan Dana Ahli Waris Kecelakaan Lion Air Rp 34 Miliar

Bareskrim Polri menetapkan empat orang sebagai tersangka kasus dugaan penggelapan dana Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

BPK Nilai Penyediaan Hunian Terjangkau yang Dijanjikan Anies Belum Optimal
Indonesia
BPK Nilai Penyediaan Hunian Terjangkau yang Dijanjikan Anies Belum Optimal

BPK menyimpulkan terdapat sejumlah permasalahan program penyediaan hunian bagi warga miskin yang masih belum baik.