Aturan-Aturan yang Berlaku saat PPKM Level 3 Libur Natal dan Tahun Baru Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di salah satu wahana bermain di Dufan, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Sabtu (11/9/2021). (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Merahputih.com - Pemerintah menetapkan seluruh wilayah di Indonesia berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 saat momen libur Natal dan Tahun Baru (nataru) 2022. Aturan ini dikeluarkan untuk mencegah terjadinya gelombang ketiga COVID-19.

PPKM level 3 di seluruh wilayah efektif berlaku mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022. Seluruh wilayah Indonesia, baik yang saat ini berstatus PPKM Level 1 dan 2 juga akan menerapkan aturan PPKM Level 3.

Pemerintah juga melarang perayaan pesta kembang api, pawai, arak-arakan yang mengumpulkan kerumunan besar selama akhir tahun. Sementara, untuk ibadah Natal, kunjungan wisata, pusat perbelanjaan menyesuaikan dengan aturan PPKM Level 3.

Baca Juga:

Turun Level PPKM, Angka Pengguna KRL Yogyakarta-Solo Akhir Pekan Melesat

Adapun untuk ibadah Natal, kunjungan wisata, pusat perbelanjaan, kata dia, pelaksanaannya akan menyesuaikan dengan kebijakan PPKM level 3.

Selain itu, pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan juga dilakukan di sejumlah destinasi, terutama di gereja pada saat perayaan Natal, di tempat perbelanjaan, dan destinasi wisata lokal.

Berdasarkan peraturan sebelumnya, yakni Inmendagri Nomor 57 Tahun 2021, sejumlah aturan yang berlaku selama PPKM level 3:

1. Kapasitas kegiatan belajar mengajar di sekolah maksimal 50 persen

SDLB, MILB, SMPLB, SMALB dan MALB maksimal 62-100 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas. PAUD, kapasitas PTM maksimal 33 persen dan menjaga jarak minimal 1,5 meter, maksimal peserta didik 5 orang per kelas.

Baca Juga:

Waspadai Kenaikan Pergerakan, PPKM Jawa-Bali Tetap Berlaku Sampai 29 November

2. Perkantoran non esensial WFO maksimal 25 persen untuk pegawai yang telah divaksin dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk akses masuk dan keluar.

3. Supermarket, hypermarket, pasar tradisional, toko kelontong dan pasar swalayan yang menjual kebutuhan sehari-hari dan pasar rakyat beroperasi dengan kapasitas maksimal 50 persen

4. Kegiatan Dine in:- warung makan/warteg, pedagang kaki lima, lapak jajanan, resto, rumah makan kafe diizinkan buka sampai pukul 21.00 waktu setempat dengan maksimal pengunjung 50 persen

Restoran, rumah makan, atau kafe dengan jam operasional mulai malam hari, beroperasi mulai pukul 18.00-00.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 25 persen serta skrining melalui aplikasi PeduliLindungi.

- Mall buka hingga pukul 21.00 dengan kapasitas maksimal 50 persen dan wajib menunjukkan sertifikat vaksin kepada petugas mal. Anak-anak dilarang masuk dan tempat bermain anak dan tempat hiburan ditutup.

- Bioskop dapat beroperasi dan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kapasitas maksimal 50 persen dan hanya kategori Hijau dan Kuning yang diizinkan masuk. Untuk anak-anak dilarang masuk.

- Restoran/rumah makan dan kafe di dalam area bioskop diizinkan dine in dengan kapasitas maksimal 50 persen dan waktu makan maksimal 60 menit.

5. Kegiatan di tempat ibadah maksimal 50 persen.

6. Kegiatan di pusat kebugaran/gym diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.

7. Resepsi pernikahan diizinkan dengan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas ruangan.

Baca Juga:

Menko Airlangga Jelaskan Status Terbaru PPKM Luar Jawa-Bali

8. Persyaratan perjalanan domestik yang menggunakan mobil pribadi, sepeda motor dan transportasi umum jarak jauh (pesawat udara, bus, kapal laut dan kereta api) sesuai dengan ketentuan yang diatur oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Nasional.

Pelaku perjalanan wajib menunjukkan kartu vaksin COVID-19 dan tes antigen H-1 jika sudah dua kali vaksin atau hasil tes PCR H-3 jika baru vaksin satu kali.

Pemerintah juga membuat kebijakan larangan untuk mengambil cuti dengan memanfaatkan momentum hari libur nasional bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI-Polri, dan Karyawan Swasta. Serta memperketat penerapan prokes dan 3T (tracing, tracking, treatment), dan mengebut vaksinasi sampai akhir Desember 2021.

Lalu, ada imbauan bagi masyarakat agar tidak bepergian, tidak pulang kampung dengan tujuan yang tidak primer, serta memperketat aturan perjalanan menggunakan moda transportasi umum minimal harus sudah menerima vaksin dosis pertama. (Knu)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Beri Bantuan Warga Terdampak PPKM Darurat, Kapolri Imbau Tak Keluar Rumah
Indonesia
Beri Bantuan Warga Terdampak PPKM Darurat, Kapolri Imbau Tak Keluar Rumah

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan ke Posko PPKM Mikro di kantor Kelurahan Turangga, Lengkong, Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/7).

Jokowi Beri Misi Khusus untuk Kapolda Metro dan Pangdam Jaya
Indonesia
Jokowi Beri Misi Khusus untuk Kapolda Metro dan Pangdam Jaya

Tentunya, kerjasama dari berbagai elemen negara dan masyarakat

Eks Raja OTT KPK Harun Al Rasyid Lolos Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung
Indonesia
Eks Raja OTT KPK Harun Al Rasyid Lolos Seleksi Administrasi Calon Hakim Agung

Harun yang kini menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri, lolos seleksi administrasi calon hakim agung.

Besok Lajur Sepeda Road Bike Sudirman-Thamrin Diuji Coba
Indonesia
Besok Lajur Sepeda Road Bike Sudirman-Thamrin Diuji Coba

Uji coba ini dilakukan selama lima hari ke depan

Nia dan Ardie Bakrie Pakai Narkoba karena Tekanan Kerja, Polisi: Alasan Klasik
Indonesia
Nia dan Ardie Bakrie Pakai Narkoba karena Tekanan Kerja, Polisi: Alasan Klasik

"Tiga-tiganya ini tersangka namun masih didalami lebih lanjut. Pengakuannya baru 4-5 bulan menggunakan. Motifnya tekanan kerja yang banyak, tapi itu alasan klasik ya" terang Yusri

Ini Sejumlah Wilayah di Indonesia Masuk Musim Hujan
Indonesia
Ini Sejumlah Wilayah di Indonesia Masuk Musim Hujan

BMKG menyebutkan sebanyak 11,99 persen dari jumlah zona musim (ZOM) di wilayah Indonesia sudah memasuki musim penghujan.

3.582 Warga Jakarta Tengah Berjuang untuk Sembuh dari COVID-19
Indonesia
3.582 Warga Jakarta Tengah Berjuang untuk Sembuh dari COVID-19

Kasus COVID-19 di Jakarta rupanya masih tinggi. Buktinya, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia memaparkan, berdasarkan data Kamis (14/4) Dinkes DKI mencatat jumlah kasus aktif di Jakarta diatas 3 ribuan.

KPK Siap Hadapi Banding Edhy Prabowo
Indonesia
KPK Siap Hadapi Banding Edhy Prabowo

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan kesiapannya menghadapi banding yang diajukan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo.

Survei LSI: Mayoritas Publik Tolak Pemilu 2024 Ditunda
Indonesia
Survei LSI: Mayoritas Publik Tolak Pemilu 2024 Ditunda

Mayoritas publik menolak penundaan Pemilu 2024 dan penambahan masa jabatan presiden.

Wagub DKI Klaim Pengusaha Tidak Keberatan UMP Naik 5 Persen
Indonesia
Wagub DKI Klaim Pengusaha Tidak Keberatan UMP Naik 5 Persen

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengklaim kenaikan UMP 2022 sudah mendapatkan lampu hijau dari pengusaha saat melakukan diskusi dengan Pemprov DKI.