Musik
Atur Siasat saat Pandemi, The Voice Seasons 20 Tampil Beda The Voice season 20 tampil dengan berbagai penyesuaian. (foto: variety.com)

BEBERAPA bulan sebelum produksi dimulai pada musim ke-19, pelatih reality show kompetisi menyanyi The Voice produksi NBC Blake Shelton tidak tahu apakah mereka dapat melakukan pertunjukan akibat pandemi COVID-19.

Mereka kemudian menyatukan pertunjukan dari jarak jauh. Semua orang merekam diri sendiri selama masa isolasi di rumah masing-masing. Untuk season 20, mereka akan menyuguhkan tontonan yang berbeda dari yang mereka selesaikan pada musim sebelumnya.

The Voice kembali ke panggung di Los Angeles. Menjelang season 20, Shelton mengatakan dia merasa yakin dengan keamanan pencegahan COVID-19. "Aku tahu kami memiliki orang yang tepat untuk mewujudkannya," ujarnya.

BACA JUGA:

3 Musisi Kulit Hitam yang Mampu Mengambil Alih Industri Musik 2021

Namun, kembali ke pementasan di panggung bukan berarti reality show ini akan berlangsung seperti sebelum pendemi. Mereka tetap akan melakukan pertunjukan tanpa penonton langsung.

Menciptakan getaran konser bagi jaringan stasiun televisi berlogo merak ini telah menjadi suguhan andalan dari The Voice sejak pertama kali diluncurkan pada 2011. Penyanyi tak dikenal dari semua lapisan masyarakat melangkah ke atas panggung selama babak audisi buta dengan penonton di studio bersorak di depan mereka.

the voice
Perubahan dimulai dari tahap audisi. (foto: outsider.com)

Para pelatih duduk di kursi merah besar memunggungi panggung audisi sampai mereka mendengar nada yang begitu kuat sehingga mereka tergerak untuk menekan tombol merah besar mereka, memutar kursi dan akhirnya berkata, "Aku ingin kamu menjadi bagian dari timku."

"Tontonan semacam itu menjadi 'pelarian dan hiburan' bagi orang-orang di rumah," kata Executive Vice President, Unscripted Content, NBC Universal Jenny Groom. Menurutnya, tayangan ini menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan penonton pada 2020 karena pandemi memaksa semua orang di rumah, menutup bisnis, dan membatalkan konser.

Sekarang, saat The Voice memasuki musim ke-20 dan 10 tahun penayangan, meskipun pandemi masih berkecamuk, elemen seperti kehadiran penonton langsung terasa lebih penting daripada sebelumnya. "Apa yang kami sadari ialah hal yang orang benar-benar inginkan yakni kenormalan. Kami hanya mencoba menyampaikan kepada mereka The Voice reguler yang mereka kenal dan sukai," kata produser eksekutif Audrey Morrissey seperti diberitakan Variety.com, Selasa (2/3).

The Voice reguler berarti semua elemen format favorit kembali di musim baru, dari blind audition battle rounds hingga pencurian anggota tim. Pelatih Shelton melanjutkan penampilannya bersama Kelly Clarkson, John Legend, dan Nick Jonas yang kembali musim ini. Musim ini akan menambah lebih banyak kekuatan bintang melalui battle advisors yang terdiri dari Brandy, Dan and Shay, Luis Fonsi, serta Darren Criss.

Namun, langkah kembali ke panggung ini bukan berarti bahwa di tengah pandemi yang masih berlangsung, The Voice tidak mengambil setiap tindakan pencegahan kesehatan dan keselamatan yang tepat. Faktanya, justru sebaliknya. Dimulai dengan kebijakan tidak ada panggilan casting langsung untuk musim ini.

"Biasanya mereka melakukan roadshow, lalu kami menerbangkan orang ke LA dan memberikan kesempatan untuk bertemu banyak kontestan, lalu akhirnya memutuskan siapa yang akan hadir di acara itu," kata Morrissey.

Sekarang, orang-orang telah bernyanyi melalui Zoom. "Mereka mengirimkan rekaman, melakukan wawancara virtual, dan kami lanjut dari sana," dia menjelaskan.

Proses semacam ini tidak hanya membuka jumlah perserta menjadi berlipat ganda, tetapi juga seperti membuka peluang lebih merata bagi lebih banyak orang untuk mengikuti audisi. "Peserta tidak harus berada dekat dengan kota yang akan kita kunjungi," tambah Groom.

Pada tahap produksi, acara ini sangat ketat tentang pengujian COVID-19, praktik jarak sosial, dan membatasi jumlah orang yang dapat berada di lokasi syuting. Pelatih, misalnya, hanya diperbolehkan memiliki plus-satu, bukan seluruh tim dan anggota keluarga mereka.

Sementara itu, keluarga kontestan menonton secara virtual, melalui layar, bukan di belakang panggung atau di sisi panggung. Kursi penonton studio tetap kosong dan mengandalkan peserta virtual. Produser tetap menciptakan lingkungan yang aman bagi mereka yang tampil di acara itu dan mereka yang menonton di rumah.

Shelton mengkhawatirkan tidak adanya penonton langsung di awal proses ini. Terutama, karena bagi kontestan yang tidak terpilih, mendapatkan sambutan dari penonton yang bertepuk tangan menjadi kepuasan tersendiri. Meski demikian, ia juga telah menemukan hal positif dalam kenormalan baru ini. "Dari sudut pandang pelatih, pada akhirnya itu membantu. Tidak memiliki penonton langsung di ruangan membuat kami dapat mendengar setiap hal kecil yang terjadi pada tahap itu di belakang kami. Hal itu membantu kami membuat keputusan," jelasnya.

Sejauh ini, The Voice telah memenangi tujuh kali Emmy, termasuk empat di kategori seri kompetisi. Menurut Groom, tontonan ini masih menjangkau hampir 110 juta pemirsa per tahun dan merupakan jejak yang sangat besar. "Tayangan ini masih menjadi salah satu dari serial alternatif peringkat 5 teratas," ujarnya.(aru)

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kerap Jadi Inspirasi Kostum Halloween, inilah Karakter Ikonik Film Horor
ShowBiz
Kerap Jadi Inspirasi Kostum Halloween, inilah Karakter Ikonik Film Horor

Tidak ada yang lebih baik untuk meneror malam Halloweenmu selain pembunuh berantai gila.

Mitos atau Fakta Minum Kopi Membuat Tetap Terjaga
Fun
Mitos atau Fakta Minum Kopi Membuat Tetap Terjaga

Kafein sendiri adalah Zat atau kandungan utama dalam kopi

NASA Cari Kandidat untuk Jalani Misi Ke Mars, Seperti Apa Kriterianya?
Fun
Siap-Siap, Samsung Galaxy Note 20 Meluncur 5 Agustus
Fun
Siap-Siap, Samsung Galaxy Note 20 Meluncur 5 Agustus

Gawai flagship terbarunya ini akan diperkenalkan lewat acara tahunan, Galaxy Unpacked pukul 21.00 WIB.

Desain Masker Ajaib ala Peta Perampok di Dunia Sihir Harry Potter
Fun
Mantan Manajer Ungkap Hal Gila yang Pernah Dilakukan Penggemar
ShowBiz
Mantan Manajer Ungkap Hal Gila yang Pernah Dilakukan Penggemar

Salah satunya saat idola binaannya menggelar acara fansign di luar negeri.

Lawan Corona, Peralatan Medis Harus Bebas Virus
Fun
Lawan Corona, Peralatan Medis Harus Bebas Virus

Perlu adanya disinfeksi pada peralatan medis.

Selain Dibersihkan, Sisir Ternyata juga Harus Rutin Diganti
Fun
Selain Dibersihkan, Sisir Ternyata juga Harus Rutin Diganti

Ikat rambut bisa putus atau hilang, tapi sisir biasanya menjadi alat perawatan diri yang paling awet. Tapi?

ByteDance Jual TikTok ke AS tanpa Algoritma?
Fun
ByteDance Jual TikTok ke AS tanpa Algoritma?

ByteDance tidak akan membagikan kode sumber kepada pembeli AS mana pun.

Pandemi, Protokol Kesehatan Berlaku di Transportasi Umum
Fun
Pandemi, Protokol Kesehatan Berlaku di Transportasi Umum

Setiap penumpang transportasi umum harus mematuhi protokol kesehatan.