Atung, Kaka dan Bhin-Bhin Jadi Magnet Swafoto Pegawai Istana Presiden Joko Widodo bersama Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang berfoto dengan maskot Asian Games XVIII (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Merahputih.com - Pemerintah Indonesia terus menggaungkan Asian Games 2018. Salah satunya caranya adalah dengan mempercantik istana-istana kepresidenan dengan hiasan maskot-maskot perhelatan olahraga se-Asia itu.

Maskot Asian Games bernama Atung yang merupakan rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) ikut "mejeng" di taman halaman Istana Negara, Jakarta. Atung menghadap ke utara, ke Jalan Veteran.

Atung tidak sendirian, ada juga hewan-hewan lain yang menjadi maskot Asian games seperti Kaka si badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus), dan Bhin Bhin si burung cenderawasih (Paradisaea Apoda) berwarna kuning.

Sontak, Atung, Kaka dan Bhin-Bhin jadi perhatian sejumlah pengendara motor atau mobil yang melalui Jalan Veteran. Ketiganya ditempatkan di dekat tiang bendera merah putih taman belakang komplek Istana kepresidenan.

Peserta berkostum maskot Asian Games 2018 mengikuti Parade Asian Games 2018 di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Minggu (13/5). Kegiatan yang diikuti sekitar 5.000 perserta dari berbagai komunitas, instansi pemerintah, dan pihak sponsor tersebut untuk menggelorakan semangat dan partisipasi masyarakat dalam menyambut Asian Games 2018 yang akan berlangsung pada Agustus mendatang. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Para tamu dan pegawai istana, seperti dikutip Antara, juga disambut oleh patung para maskot yang bertumpuk di depan pintu pemeriksaan dari Sekretariat Negara mengarah ke Istana Negara. Sejumlah pegawai istana pun memanfaatkan patung maskot yang berwarna-warni itu untuk ber-swafoto.

Selain itu, ada juga patung Bhin Bhin sedang menunggang kuda di pelataran parkir Bina Graha dan Kaka yang mengenakan pakaian beladiri kempo berwarna putih lengkap dengan pelindung kepala dan sarung tangan berwarna merah.

Dalam keterangan laman Asian Games 2018, maskot Bhin Bhin mengenakan rompi motif Asmat dari Papua yang merepresentasikan strategi. Sedangkan Atung yang mengenakan sarung motif tumpal dari Jakarta melambangkan kecepatan.

Badak bercula satu yang bernama Kaka juga dihias menggunakan rompi tradisional motif bunga khas Palembang yang melambangkan kekuatan. Pada beberapa kesempatan, Presiden Joko Widodo juga turut mempromosikan perhelatan itu dengan mengenakan jaket berlogo Asian Games dan sejumlah cabang olahraga.

Maskot Asian Games Atung, Bhin Bhin, dan Koko mengajak pelajar melakukan flash mob dalam gelaran '18th Asian Games Goes To School' di Sekolah Islam Terpadu Bina Ilmi Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (8/5). Gelaran yang merupakan bagian dari sosialisasi Asian Games pada pelajaran ini diselenggarakan secara terjadwal di sejumlah sekolah di Kota Palembang. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Pada saat bermain basket bersama para pemain yang tergabung dalam Developmental Basketball League (DBL), Jokowi mengenakan jaket Asian Games berwarna merah pada 12 Mei lalu.

Kemudian pada saat rapat terbatas pada 4 Mei 2018 mengenai persiapan pelaksanaan Asian Games 2018, Widodo pun mengenakan jaket Asian Games dengan warna berbeda yaitu hitam dihiasi logo Asian Games. Asian Games akan diselenggarakan di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus 2018.

Indonesia telah menghitung mundur pelaksanaan Asian Games pada 18 Agustus 2017 yang memamerkan sejumlah kegiatan seperti atraksi drone dan hiburan musik di Jakarta dan Palembang. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH