Atlet ASEAN Para Games Jalani Tes Klasifikasi Disabilitas

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 28 Juli 2022
Atlet ASEAN Para Games Jalani Tes Klasifikasi Disabilitas
Atlet peserta ASEAN Para Games (APG) ke-XI 2022 Solo menjalani tes klasifikasi, Kamis (28/7). (MP/Isamail)

MerahPutih.com - Atlet peserta ASEAN Para Games (APG) ke-XI 2022 menjalani tes klasifikasi. Tes ini untuk mengetahui kategori disabilitas setiap atlet sebelum bertanding.

Pelatih Blind Judo Indonesia, Imam Kuncoro mengatakan, lokasi tes klasifikasi berbeda-beda tiap cabang olahraga (cabor). Lokasinya ada yang digelar di hotel, ada juga di venue pertandingan.

Baca Juga

Pembagian Hotel Atlet ASEAN Para Games Berdasarkan Cabang Olahraga

"Untuk tes klasifikasi di Hotel Solia Zigna antara lain atletik, goalball, catur, dan judo," kata Imam, Kamis (28/7).

Sedangkan cabor lainnya, lanjut dia, digelar di venue pertandingan seperti bola voli duduk di GOR UTP Karanganyar, dan panahan di Lapangan Kotabarat. Ia menyebut sebanyak 18 atlet cabor blind judo Indonesia sudah menjalani tes klasifikasi di Hotel HAP.

"Hasilnya ada dua atlet yang harus tes ulang besok di Solia Zigna. Sedangkan 16 atlet lainnya dinyatakan lolos," katanya.

Baca Juga

10.000 Tiket Gratis Nonton Pembukaan ASEAN Para Games di Manahan

Ia menegaskan untuk tes penglihatan banyak dari dokter luar negeri dengan membawa beberapa peralatan. Dua atlet yang harus tes ulang adalah atlet pemula.

"Kami memasukan dua atlet pemula dalam tim karena memang dari sisi potensi dan klasifikasinya dianggap cocok untuk masuk kontingen," ucap dia.

Ia menjelaskan sebulumnya semua atlet sudah membawa arsip tes mata, yang telah dijalani pada sebuah rumah sakit internasional di Jakarta dan semua lolos.

Pelatih tim Panahan National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Tri Sugeng Purwanto mengatakan tim panahan Indonesia akan menerjunkan 12 atlet.

"Teknik tes klasifikasinya beda-beda tekniknya. Misal kalau polio, pahanya akan dipencet-pencet untuk mengetahui kondisi tubuh seperti apa tingkat kekuatannya," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Disabilitas Ditolak Naik KRL, Gibran: Kita Tuan Rumah ASEAN Para Games Malah kayak Begitu

#ASEAN Para Games
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan