Atasi Sulit Tidur Anda dengan 4-7-8

KaptenKapten - Jumat, 28 Juli 2017
Atasi Sulit Tidur Anda dengan 4-7-8
Gangguan tidur karena perubahan Ritme Sirkadian dapat diatasi dengan teknik 4-7-8. (Foto: Pexels)

TAK jarang orang mengalami kegelisahan sebelum tidur, berguling sana-sini hingga depresi karena kesulitan untuk cepat tertidur pulas.

Pada umumnya, sulit tidur yang Anda alami terjadi karena pikiran yang stres atau pengaruh zat kimia seperti alkohol. Ritme Sirkadian yang berubah pun bisa menjadi faktor Anda sulit tidur. Ritme Sirkadian ini adalah penentu jam biologis tubuh, yang juga berhubungan dengan siklus tidur seseorang. Perubahan siklus tidur dapat dipengaruhi oleh paparan sinar.

Sebagai solusinya, Dr. Andrew Weil, pakar kesehatan Universitas Arizona, Amerika Serikat menemukan suatu teknik tidur cepat. Ia menamainya 4-7-8, yang juga disebut "Obat Penenang Alami Sistem Saraf Manusia". Teknik ini sebenarnya bertujuan untuk mengurangi ketegangan dalam tubuh, namun juga berefek mempermudah tidur seseorang.

"Obat Penenang Alami Sistem Saraf Manusia" ini digunakan untuk mengatur aliran pernapasan, dengan ritme 4-7-8. Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan menarik napas selama 4 detik melalui hidung. Tahan hingga 7 detik. Lalu, keluarkan melalui mulut seolah Anda sedang bersiul selama 8 detik.

Teknik Andrew merupakan cara alternatif agar Anda cepat tidur. Lakukan teknik tersebut berulang kali hingga tubuh jauh lebih tenang. Pola tidur terjaga, Anda pun tetap bugar. (Bing)

Baca juga berita terkait: 4 Obat Tradisional Sakit Gigi.

#Tips Kesehatan #Gangguan Pada Tidur #Insomnia
Bagikan
Ditulis Oleh

Kapten

Kapten Merah Putih
Bagikan