Kesehatan

Atasi Rambut Rontok dengan Nutrisi Ini

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 28 Juni 2020
Atasi Rambut Rontok dengan Nutrisi Ini
Atasi rambut rontok dengan asupan nutrisi. (Foto Pexels@Moose Photos)

APAKAH kamu sering bermasalah dengan rambut rontok? Walau enggak membahayakan, tentunya hal itu sangat menyebalkan ya. Kamu jadi harus memungut atau menyapu helaian rambut yang seolah-olah tidak pernah berakhir. Masalah itu mungkin terjadi karena asupan nutrisi yang kurang.

Melansir laman Cosmo PH, kekurangan nutrisi merupakan salah satu alasan dari rambut rontok. Jadi sebelum gegabah membeli sampo atau perawatan rambut lain, lebih baik kamu perbaiki masalah rambut ini dengan memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh . Caranya ialah mengonsumsi suplemen maupun makanan yang menyehatkan rambut.

BACA JUGA:

5 Cara Efektif Turunkan Tekanan Darah

1. Kolagen

kolagen
Penuhi asupan kolagen dengan sup kaldu.(Foto Pexels@jenvit keiwalinsarid)


Kolagen mengandung asam amino yang membantu tubuh untuk memproduksi keratin yang membantu menjaga kesehatan rambut dan kuku. Selain itu, protein ini juga bertindak sebagai antioksidan untuk membantu melawan radikal bebas yang merusak akar rambut. Tubuh kita memang menghasilkan kolagen, tapi prosesnya semakin melambat seiring bertambahnya usia. Jadi untuk memenuhi asupan kolagen secara natural kamu perlu meminum kaldu tulang ayam maupun sapi.

2. Vitamin C

vitamin C
Vitamin C bantu produksi kolagen yang bantu menguatkan rambut (Foto Pexels@PhotoMIX Company)


Jika kolagen membantu menciptakan keratin, vitamin C meningkatkan produksi kolagen. Jadi bisa bayangkan kan akan sehebat apa efeknya untuk rambutmu ketika mengonsumsi keduanya? Vitamin C ini sangat mudah untuk ditemukan yaitu dalam buah-buahan seperti jeruk atau sayuran brokoli dan kembang kol.

3. Biotin

biotin
Konsumsi daging untuk memenuhi biotin.(Foto Pexels@Lukas)


Biotin adalah vitamin yang sangat terkenal untuk pertumbuhan rambut. Vitamin ini biasanya ditemukan dalam daging dan makanan laut seperti ikan. Jadi tentunya tidak sulit untuk mendapatkan suplai vitamin ini untuk tubuhmu bukan? Apalagi Biotin juga membantu menciptakan sel darah merah yang membawa oksigen dan nutrisi ke kulit kepala dan akar rambut.

4. Zat Besi

zat besi
Zat besi di kacang-kacangan bantu regenerasi sel. (Foto Pexels@Polina Tankilevitch)


Hampir mirip dengan biotin, zat besi juga membantu memproduksi sel darah merah. Sel darah merah yang mengandung hemogoblin ini merupakan protein yang bertugas membawa oksigen untuk menolong regenerasi sel. Ketika kekurangan iron, tubuhmu enggak bisa memproduksi hemogoblin yang cukup. Efeknya? Memperlembat perbaikan dan regenerasi akar rambut yang berujung pada kerontokan. Asupan zat besi bisa kamu dapatkan dengan konsumsi daging, kacang-kacangan, boga bahari, kentang, dan tahu.

5. Vitamin D

vitamin D
Berjemur agar vitamin D bisa terpenuhi. (Foto Pexels@Andrea Piacquadio)


Selain bagus untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak terjangkit virus corona, vitamin D ini juga berkaitan dengan kualitas rambut. Kekurangan kadar vitamin D akan menyebabkan kerontokan rambut yang brlebih. Jadi rajin-rajin berjemur di bawah matahari pagi ya. Jika masih kurang, kamu bisa menambahkan dosis vitamin ini dengan mengkonsumsi suplemen atau ikan.(sam)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan