Atasi Mual Saat Arus Balik dengan Cara Mudah Ini Atasi mual saat arus balik sangat mudah (Foto: Pexels/Riccardo Bresciani)

LBUR lebaran sudah mau berakhir. Saatnya melakukan perjalanan arus balik mudik. kembali ke rumah dan siap-siap memulai aktivitas seperti biasa. Namun, terkadang rasa mual atau mabuk perjalanan dapat mengganggu perjalanan arus balik kamu.

Menurut Go Dok, mabuk perjalanan terjadi karena otak mendapatkan sinyal berbeda. Antara indera perasa yang menangkap seluruh aktivitas perjalanan kamu. Artinya, informasi yang didapat dari mata (menangkap visual), tidak sinkron dengan apa yang didapat oleh telinga bagian dalam.

Misalnya saat kamu melakukan perjalanan melalui transportasi darat. Mobil yang melewati jalur perbukitan penuh dengan belokan dan turunan serta tanjakan. Hilangnya sinkronisasi kedua indera itulah yang menjadi penyebab utama seseorang menjadi mabuk perjalanan.

Enggak perlu khawatir. Mengatasi mual di perjalanan sangat mudah. Pertama, perhatikan pola makan kamu sebelum melakukan perjalanan. Jangan mengonsumsi makanan dan minuman yang bikin mual. Seperti makanan pedas dan berlemak.

Makanan pedas dapat memicu mual (Foto: Pexels/icon0.com)

Beri jeda 1-2 jam sebelum berangkat kalau masih mau mengonsumsi makanan tersebut. Hindari juga minuman bersoda yang dapat membuat perut kamu terganggu.

Pilih juga tempat duduk yang nyaman. Duduk di bangku depan kalau kamu menggunakan mobil. Sementara kalau kamu naik pesawat. Duduklah di bagian tengah pesawat. Yang minim terkena turbulensi. Bagi kamu yang menggunakan kapal laut. Duduklah di kabin tingkat bawah dekat pusat kapal.

Baca juga:

Tips Jitu Beli Oleh-Oleh Mudik dengan Harga Bersahabat

Pemandangan dan udara segar juga dapat membantu mengurangi mual. Buka jendela kendaraan untuk menikmati pemandangan di sekitar perjalanan. Kemudian, hirup udara segar sebanyak mungkin. Itu akan mengurangi rasa mual.

Lihat pemandangan agar mata segar dan rasa mual hilang (Foto: Pexels/Aman Jakhar)

Kemudian, jika kamu membawa permen karet. Kunyah permen karet untuk mengurangi ketidak seimbangan informasi visual yang dikirim dari indera menuju otak. Sehingga aktivitas mengunyah dapat menghilangkan rasa mual.

Jika mual kamu enggak kunjung hilang. Kamu bisa menggunakan jahe untuk meredakan mual. Jahenya bisa berupa air rebusan jahe, permen jahe, ekstrak dalam bentuk tablet,maupun mengunyah langsung batang jahe yang masih segar.

Lebih ampuh lagi. Jika kamu selalu sedia obat anti mual. Rasa mual kamu akan langsung hilang dengan mengonsumsi obat tersebut. Bagaimana gampang bukan menghilangkan rasa mual di perjalanan?

Semoga kamu selamat sampai di rumah ya sahabat Merah Putih! (ikh)

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH