Atasi Masalah Rohingya, AICHR: Pemerintah Cari Solusi Permanen

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 14 September 2017
Atasi Masalah Rohingya, AICHR: Pemerintah Cari Solusi Permanen
Pengungsi Rohingya menunggu perahu untuk menyebrang perbatasan melalui sungai Naf di Maungdaw, Myanmar, Kamis (7/9). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammad Ponir Hossain)

MerahPutih.com - Wakil Indonesia untuk Komisi Antar-Pemerintah ASEAN tentang HAM (AICHR) Dinna Wisnu menilai, pemerintah Indonesia perlu mencarikan solusi permanen untuk mengatasi krisis kemanusiaan yang menimpa muslim Rohingya di Myanmar.

"Tahapan bantuan dan diplomasi (oleh) Indonesia menurut saya perlu ditingkatkan ke tahap berikutnya, dengan mengembangkan upaya paralel untuk memberi solusi yang permanen pada masalah kemanusiaan dan masa depan Rohingya," kata Dinna di Jakarta, Kamis (14/9).

Solusi permanen itu, kata dia, adalah tidak ada lagi aksi kekerasan kepada muslim Rohingya yang dilakukan oleh kelompok mana pun di Myanmar.

"Solusi permanen itu menurut saya harus dibagi bersama di ASEAN. Sebab, dampaknya sudah bersifat regional, jadi jangan ditanggung oleh Indonesia," tandasnya.

Selain itu, negara yang tergabung di ASEAN juga harus memberi desakan kepada Myanmar agar kekerasan terhadap etnis Rohingya dapat dihentikan secara permanen.

Menurut dia, tindakan militer Myanmar terhadap etnis Rohingya adalah bentuk pelanggaran HAM berat, lantaran hak untuk hidup seseorang telah dirampas.

"Alasan ini adalah alasan yang sangat kuat untuk menganggap masalah di Rakhine bukan masalah Myanmar saja, tetapi masalah di ASEAN. Indonesia perlu memimpin inisiatif regional di ASEAN untuk kepentingan jangka panjang," katanya. (Pon)

Baca berita terkait muslim Rohingya lainnya di: Terungkap, Alasan Myanmar Abaikan Kecaman Dunia Internasional Soal Rohingya

#Krisis Rohingya
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan