Kena Knalpot Panas Saat Jalan-Jalan? Gunakan Bahan ini Agar Kulit Mulus Kembali Ilustrasi Luka Bakar (Foto: YouTube)

Luka bakar akibat terkena knalpot biasanya sering meninggalkan bekas luka yang menghitam, hal itu tentunya akan sangat mengganggu penampilan Anda. Karena untuk mengembalikan kulit Anda kesemula setelah terkena luka bakar dari knalpot membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sebagian orang yang mengalami bekas luka akibat terkena panasnya knalpot kendaraan Anda bisa disebabkan karena banyak hal, entah itu karena mengalami kecelakaan atau karena kurang hati-hati pada saat berkendara hingga terkena panasnya kenalpot kendaraan Anda.

Buat Anda yang bingung, harus melakukan apa saat terkena luka bakar akibat knalpot, berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas luka terkena knalpot.

1. Kunyit

Kunyit memiliki zat antiseptik dan anti peradangan yang kuat untuk mendinginkan luka bakar dan cepat membuatnya kering sehingga akan lebih cepat terkelupas dengan sendirinya. Bahan alami ini juga sering digunakan oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia dan Indonesia.

Cara menggunakannya, parut beberapa rimpang kunyit lalu balurkan secara merata pada tempat yang terkena luka bakar. Teknik ini bisa dijadikan sebagai pertolongan pertama saat baru saja terkena luka bakar.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki zat antiinfeksi dan penyembuh paling manjur untuk mengatasi luka bakar tanpa meninggalkan bekas. Aturannya ialah haluskan bawang putih secukupnya. Lalu oleskan pada bagian yang terkena luka bakar. Tunggu hingga bawang putih tersebut mengering.

Setelah kering, bilas luka tersebut menggunakan air bersih. Lakukan cara pengobatan alami ini secara rutin agar luka yang Anda alami cepat memudar.

3. Mentimun

Mentimun bersifat mendinginkan kulit dan bisa memperbaiki kerusakan jaringan kulit yang terkena luka bakar. Gunakan dengan membalurkan mentimun yang dihaluskan.

Kemudian gantilah dengan mentimun yang baru jika airnya sudah mengering. Lakukan hingga Anda merasa luka bakar yang Anda alami telah membaik.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat berperan sebagai antioksidan yang aktif dan mampu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menjadikan luka bakar yang Anda alami juga tidak akan meninggalkan bekas luka jika Anda rutin dan rajin mengolesi minyak zaitun pada luka bakar Anda.

Anda bisa mengolesi minyak zaitun secara rutin sebelum Anda tidur, karena khasiatnya akan dapat bekerja dengan maksimal.

5. Madu Asli

Madu Asli memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, selain itu, madu asli juga sangat berguna untuk merawat kecantikan kulit Anda. Begitupun dengan luka bakar bekas knalpot, madu asli sangat ampuh dan manjur, karena madu memiliki kandungan zat antiradang dan dapat menghaluskan kulit Anda.

Kulit Anda yang terkena luka dengan cepat sembuh dan kulit yang rusak akibat luka bakar dapat meregenerasi dengan sendirinya hingga permukaanya lebih halus dan mulus. Caranya juga sama dengan menggunakan minyak zaitun, Anda hanya perlu mengoleskan luka bakar Anda dengan madu secara rutin.

Demikianlah beberapa cara alami yang bisa Anda gunakan agar luka bakar akibat terkena knalpot tidak meninggalkan bekas luka yang menghitam. Lihat juga cara perawatan kulit lainnya, agar Anda mengetahui lebih banyak lagi bagaimana cara merawat kecantikan yang Anda miliki dengan benar. Lihat artikelnya di sini: Wajah Berseri Dengan Masker Pepaya.



Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH