Kesehatan Mental
Atasi Kepanikan saat akan ke Luar Rumah di masa Pandemi Kewajiban untuk kembali ke kantor dapat membuatmu merasakan kepanikan meningkat. (123RF/thevisualsyouneed)

SETELAH setahun lebih di rumah saja dan menjaga jarak, berita buruk tentang COVID-19 yang muncul terus-menerus dapat membuatmu mengembangkan sejumlah ketakutan untuk meninggalkan rumah.

Tentu saja, mengikuti protokol kesehatan itu demi melindungi diri sendiri dan orang-orang yang kamu sayangi. Bahkan, fakta bahwa kamu masih ada ialah berkat mematuhi langkah-langkah aturan kesehatan masyarakat secara ketat.

BACA JUGA:

5 Tips Atasi Social Anxiety

Namun, dengan vaksin yang sekarang tersedia, pejabat pemerintah mulai melonggarkan pembatasan tersebut. Sekarang bayangkan, ketika sudah benar-benar aman, kamu bisa keluar rumah, belanja di mal, makan di restoran, dan bahkan mungkin liburan.

Namun, sebelum kamu merasa siap untuk mengambil risiko, mungkin atasan sudah menyuruh kembali ke kantor. Kamu tahu bahwa orang-orang yang harus bekerja di luar rumah selama pembatasan sosial tidak memiliki pilihan yang sama seperti yang kamu miliki. Kamu masih dapat menyelesaikan pekerjaan dari meja dapur. Kewajiban untuk kembali ke kantor dapat membuatmu merasakan kepanikan meningkat. Kamu belum siap kehilangan kemewahan pilihan itu dan merasa terpaksa untuk kembali ke rutinitas lama.

panik
Agorafobia berkembang sebagai akibat dari efek pandemi pada hidupmu. (123RF/barriolo82)

Gangguan psikologis agorafobia melibatkan beberapa perasaan batin ini. Orang dengan agorafobia sering panik memikirkan berada di luar rumah, terutama di tempat-tempat di mana mereka tidak memiliki kemampuan untuk melarikan diri. Bahkan jika kamu tidak pernah memiliki gejala-gejala ini, kamu sekarang dapat melihatnya berkembang sebagai akibat dari efek pandemi pada hidupmu.

Menurut sebuah studi baru oleh Youngrae Cho dari Hallym University, Chuncheon di Korea Selatan (2021), pikiran atau kognisi sangat penting untuk memahami alasan orang mengembangkan gangguan panik dan agorafobia. Proses kognitif ini jatuh ke dalam tiga "penilaian panik" atau dimensi evaluasi yang terkait dengan perasaan panik. Dengan kata lain, pikiranmu tentang suatu situasi menentukan emosi yang muncul. Dengan memeriksa dimensi penilaian panik atau panic appraisal (PA) ini, pada akhirnya Anda mungkin menemukan jalan keluar dari agorafobia yang disebabkan oleh COVID-19.

Seperti diberitakan Psychology Today (7/9), Cho dkk. menguji peran dimensi PA dalam memprediksi keparahan agorafobia dan gangguan panik (tidak terkait COVID) di antara 84 pasien rawat jalan (51 perempuan, 33 laki-laki) yang mencari perawatan di klinik khusus di Seoul, Korea Selatan. Seorang pewawancara klinis terlatih mendiagnosis peserta dengan wawancara standar yang dirancang untuk menilai gangguan ini. Evaluasi dilakukan sebelum perawatan. Peserta memiliki pilihan untuk menjadi sukarelawan untuk proyek tersebut, tanpa penalti jika mereka menolak.

Dengan latar belakang ini, lihat bagaimana peserta akan tampil pada instrumen penelitian yang dikenal sebagai Panic Appraisal Inventory (PAI). Dalam studi tersebut, seperti yang diperkirakan, skor pada PAI terkait dengan semua aspek gejala panik dan agorafobia, bahkan setelah tim peneliti mengontrol faktor-faktor lain yang mungkin.

agrofobia
Penting untuk menjaga kewaspadaan saat kamu keluar situasi di rumah saja setahun terakhir. 123RF/chai89

Selain itu, peringkat kepanikan yang diantisipasi kemungkinan besar memprediksi penghindaran agorafobia atau kecenderungan untuk menjauh dari situasi yang dapat memicu serangan panik. Berdasarkan data dari skala ini, peringkat 67 persen akan menempatkanmu pada risiko.

Seperti yang dicatat oleh para peneliti, itu merupakan 'ketidakefektifan coping yang dirasakan' daripada 'ketakutan akan peristiwa' yang akan mengarahkan kamu untuk menghindari situasi di mana kamu mungkin mengalami serangan panik. Dukung kemanjuran mengatasi itu, dan kepanikanmu akan mereda.

Singkatnya, penting untuk menjaga kewaspadaan saat kamu keluar situasi di rumah saja setahun terakhir. Pakar kesehatan mendorong, dan beberapa daerah mengamanatkan, bahwa setiap orang terus memakai masker dan tetap menjaga jarak sosial. Namun, pada akhirnya, peringatan ini akan mereda dan kamu diharapkan untuk meninggalkan kondisi di rumah saja untuk selamanya.

Dengan melihat kemanjuran koping-mu sendiri, dan mencoba untuk meningkatkan keyakinan pada kemampuanmu untuk mengelola perasaan panik, kamu akan dapat kembali menemukan pemenuhan dalam rutinitas biasa dalam kehidupan sehari-hari.(aru)

BACA JUGA:

Anak Enggak Mau Curhat Sama Orangtua? Ini Penyebabnya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Debut Boneka Barbie dari Sosok Pengembang Vaksin COVID-19 Inggris
Fun
Debut Boneka Barbie dari Sosok Pengembang Vaksin COVID-19 Inggris

Barbie Gilbert juga memiliki rambut pirang panjang dan kacamata hitam besar.

Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik
ShowBiz
Wawancara Putri Diana Ternyata Dipenuhi Taktik

Demi mengungkapkan tentang pernikahannya.

3 Lagu Bertemakan Persahabatan dengan Lirik yang Baper Habis
Fun
3 Lagu Bertemakan Persahabatan dengan Lirik yang Baper Habis

Mana lagu yang sudah familiar di telingamu?

Netflix Hadirkan Avatar: The Last Airbender Versi Live-Action
ShowBiz
Netflix Hadirkan Avatar: The Last Airbender Versi Live-Action

Adaptasi live-action ini sebenarnya sudah diperbincangkan pertama kali di 2018.

Tesla Berencana Hadirkan Mobil Listrik dengan Harga Kompetitif
Fun
Tesla Berencana Hadirkan Mobil Listrik dengan Harga Kompetitif

Apa yang membuat harga mobil listrik Tesla lebih terjangkau?

Anak Makin Antusias Mengikuti PJJ Lewat Video Animasi
Fun
Anak Makin Antusias Mengikuti PJJ Lewat Video Animasi

Video animasi membuat PJJ semakin menarik bagi anak.

Harga Ranjang Jennie BLACKPINK Bikin Penggemar Kaget
ShowBiz
Harga Ranjang Jennie BLACKPINK Bikin Penggemar Kaget

Untuk kualitas tempat tidur Jennie ingin yang terbaik.

Lebih dari 500 Game Xbox Diobral di Event Deals Unlocked
Fun
Lebih dari 500 Game Xbox Diobral di Event Deals Unlocked

Lebih dari 500 game Xbox dan PC akan diobral dengan diskon minimum 55 persen.

Mirza Soenarta Bawa Semangat Glenn Fredly di Single Debut ‘Berkarya untuk Negeri’
ShowBiz
Mirza Soenarta Bawa Semangat Glenn Fredly di Single Debut ‘Berkarya untuk Negeri’

irza W. Soenarto mencoba menghadirkan sosok yang akrab disapa kakak bung itu ke dalam debut single berjudul Berkarya untuk Negeri.

Marvel Rilis Trailer Serial ’The Falcon and The Winter Soldier’
ShowBiz
Marvel Rilis Trailer Serial ’The Falcon and The Winter Soldier’

Baru-baru ini Marvel meluncurkan trailer untuk The Falcon and the Winter Soldier.