Atasi Kemacetan, Jasa Marga Terapkan Contraflow di Tol Japek KM 65-47 Arah Jakarta Suasana Tol Layang Jakarta-Cikampek II atau Japek II Elevated yang berada tepat di atas tol Jakarta-Cikampek di Bekasi, Jawa Barat (ANTARA/Aji Cakti)

MerahPutih.Com - Meningkatnya volume kendaraan di jalur Tol Jakarta-Cikampek membuat PT Jasa Marga menerapkan contraflow di KM 65-47 arah Jakarta mulai pukul 16.40 WIB.

"Diberlakukannya 'contraflow' ini diharapkan dapat menambah kapasitas satu lajur tambahan sehingga kepadatan yang saat ini terjadi di beberapa lokasi menjelang 'rest area' KM 62 dan titik pertemuan Jalan Tol Japek Elevated dan Jalan Tol Japek di KM 10 dapat terurai," kata Sekretaris Komunikasi PT Jasa Marga Dharmawan Heru dalam keterangan tertulis Minggu (29/12) sore.

Baca Juga:

Tol Layang Jakarta-Cikampek Baru Dibuka Lima Hari Setelah Diresmikan

Lebih lanjut, sistem "contraflow" ini merupakan diskresi atau keputusan pihak Kepolisian untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas di jalan tol.

Suasana Tol Layang Japek
Tol Layang Japek akan diberlakukan contraflow selama libur Tahun Baru (Foto: ANTARA)

Untuk mendukung diskresi Kepolisian itu, Jasa Marga juga telah menyiapkan rambu-rambu serta petugas tambahan sehingga arus lalu lintas tidak terhambat.

Tidak hanya itu, Jasa Marga turut menambahkan kapasitas gardu transaksi di Gerbang Tol Cikampek Utama dengan mengaktifkan Gardu Reversible sehingga sebanyak 16 gardu dapat digunakan oleh pengguna layanan jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Baca Juga:

Tol Layang Jakarta-Cikampek Pengaruhi Jumlah Penumpang Kereta Api

Sebagaimana dilansir Antara, pihak Jasa Marga juga menghimbau agar masyarakat tetap berhati-hati saat berkendara.

Pengemudi diimbau untuk memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dan memperhatikan arahan petugas di jalan tol selama berkendara.(*)

Baca Juga:

Pagi Ini Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Dibuka untuk Umum



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH