Cegah Depresi dengan Aktivitas Menyenangkan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 10 Juni 2017
Cegah Depresi dengan Aktivitas Menyenangkan
Aktivitas sehari-hari akan terganggu saat terkena depresi. (Foto: freeimages)

Depresi merupakan sebuah masalah yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Awalnya, seseorang yang depresi akan sedih. Kesedihan yang berlarut-larut akan membuat pola pikir tidak optimal hingga akhirnya menimbulkan depresi.

"Setelah 2 minggu pola pikir tidak bisa berfungsi optimal, seperti malas mandi dan menolak untuk bangun dari tempat tidur, hal tersebut merupakan gejala depresi," paparpsikolog dan juga pendiri Ahmada Consulting, Rima Olivia, Psi, kepada MerahPutih.

Rima mengatakan, orang yang terkena masalah depresi, karena otak tidak sanggup memerintahkan atau fokus pada hal lain. Dengan demikian, orang yang depresi hanya memikirkan masalah yang sudah terakumulasi pada otaknya, seperti masalah keluarga dan pekerjaan.

Adapun, kata Rima, ada cara untuk mengobati depresi. Orang yang terkena depresi bisa melakukan aktivitas lain yang menyenangkan agar lupa dengan masalah yang menimpanya.

"Orang yang terkena depresi bisa melakukan aktivitas lain seperti gym, jogging, atau hal lain yang membuatnya senang dan lupa akan masalah," ujar Rima.

Seperti misalnya jogging. saat melakukan kegiatan jogging, seseorang yang depresi bisa lupa akan masalahnya, karena adrenalin ketika melakukan jogging sedang meningkat.

Namun, orang bisa terkena depresi tergantung dengan kekuatan hatinya. Jika hati seseorang kuat, ia akan menikmati dan lebih bisa mengatasi masalah tanpa harus terkena depresi.

"Akan lebih baik jika seseorang tidak memendam rasa emosi, melainkan mengeluarkannya agar tidak terkena depresi," pungkas Rima.

Baca juga artikel tentang Pria, Jangan Atasi Depresi Sendiri.

#Depresi #Depresi Ringan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan