Atasi Depresi dengan 5 Gawai Canggih

Muchammad YaniMuchammad Yani - Jumat, 03 Desember 2021
Atasi Depresi dengan 5 Gawai Canggih
Beberapa gadget yang dapat bantu kesehatan mentalmu. (Foto: Rawpixel Busbus)

MENJAGA kesehatan mental itu sangat penting untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan memuaskan. Beberapa gadget ini dapat membantu kalian untuk menjaga kesehatan mentalmu, lho.

Di jaman teknologi yang sudah sangat berkembang, sekarang sudah perangkat yang berfungsi untuk mengetahui kebugaran, keamanan, dan hiburan. Selalu ada teknologi untuk setiap kebutuhan kita. Lalu bagaimana untuk kesehatan mental?

Baca juga:

Latihan Tidur Halau Depresi

Diberitakan MUO, ada lima gadget yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mentalmu.

1. Flow Headset

Flow Headset untuk membantu menangani depresi. (Foto: Evening standart)
Flow Headset untuk membantu menangani depresi. (Foto: Evening standart)

Flow Neuroscience Headset dirancang untuk membantu mereka yang menghadapi depresi. Perangkat ini menggunakan teknik yang disebut sebagai transcranial Direct Current Stimulation (tDCS), menggunakan arus searah rendah yang dikirim oleh elektroda di dalam otak. Teknik itu sempat digunakan di zaman kuno ketika dokter Yunani dan Romawi menyadari bahwa ikan listrik dapat menghilangkan rasa sakit.

Setiap sesi penggunaan Flow Headset ini berlangsung selama 30 menit, dan harus digunakan lima kali per minggu pada awalnya dan setelahnya hanya satu atau dua kali dalam seminggu. Flow Neuroscience juga menawarkan aplikasi yang mereka rekomendasikan untuk digunakan bersama dengan headset yang dapat mengakses rencana pemulihan yang dimana dikuratori oleh psikolog berlisensi.

2. Feel Wristband

Feel Wristband dapat memantau emosimu. (Foto: Insider)
Feel Wristband dapat memantau emosimu. (Foto: Insider)

Teknologi ini dibuat untuk memantau dan menentukan emosi kita pada waktu tertentu. Wristband memungkinkan membuat pola dan tren suasana hati berdasarkan emosi kita yang dapat diperiksa menggunakan aplikasi mereka. Aplikasi Feel kemudian akan memberikan saran tentang apa yang dapat dilakukan untuk membantu mengatasi emosi negatif.

Selain itu, Wristband memberi alat tertentu yang dapat digunakan untuk merasa lebih baik, dan memberi akses ke alat online yang membantu kita belajar tentang mengelola hidup dengan lebih efektif. Kita juga dapat berbicara dengan ahli kesehatan mental saat menggunakan paket Feel selama 15 menit setiap minggu, sehingga kita mendapatkan sedikit dukungan pribadi di atas segalanya.

Baca juga:

stres versus Depresi

3. Dodow

Dodow membantu orang yang kesulitan tidur. (Foto: Nerd Techy)
Dodow membantu orang yang kesulitan tidur. (Foto: Nerd Techy)

Dodow ditargetkan untuk mereka yang sulit tidur, efek samping umum dari banyak kondisi mental. Pengembang Dodow mengklaim bahwa gadget kecil ini akan membantu kita tidur hanya dalam delapan menit.

Perangkat ini sangat mudah digunakan. Kita hanya perlu mengetuk permukaan perangkat dengan cepat untuk memulainya. Atau, jika ingin menggunakan siklus 20 menit daripada siklus delapan menit, cukup ketuk permukaan perangkat dua kali.

4. Muse Headband

Muse Headband membantu diri kita untuk melakukan meditasi. (Foto: choosemuse)
Muse Headband membantu diri kita untuk melakukan meditasi. (Foto: choosemuse)

Perangkat ini dapat membantu kita membuat beberapa langkah besar dalam perjalanan kesehatan mental kita, yaitu dengan memasukkan meditasi ke dalam rutinitas sehari-hari. Muse Headband bekerja dengan memantau aktivitas otak kita selama sesi meditasi, yang dapat dilihat dalam aplikas Muse. Headband itu sendiri menggunakan alat multi-sensor.

Perangkat ini bekerja layaknya pelatih kefokusan, yang memastikan kita tetap fokus pada meditasi itu sendiri. Setelah sesi meditasi, headband akan menggunakan data yang dikumpulkan dari aktivitas otak kita untuk memberikan saran tentang cara mengontrol pernapasan dengan lebih baik dan mencapai ruang tenang kita selama sesi.

5. Oura Ring

Oura Ring memantau aktivitas seharian kita. (Foto: Wellness verge)
Oura Ring memantau aktivitas seharian kita. (Foto: Wellness verge)

Oura Ring dirancang untuk memantau sejumlah faktor saat kita menjalani hari, dan sebagian besar dengan melacak keadaan kapiler kecil di jari-jari kita. Perangkat ini dapat melacak tingkat aktivitas harian kita, seperti tidur siang, waktu istirahat, dan total langkah. Semua ini dapat membantu kita lebih memahami rutinitas kamu.

Ring ini juga memantau beberapa faktor saat kita tidur, yang termasuk detak jantung, suhu tubuh, tidur REM, tidur ringan, dan total waktu tidur. Kita juga dapat menghubungkan Oura Ring ke aplikasi kebugaran lainnya, seperti Google Fit dan Apple Health, sehingga memudahkan untuk menyinkronkan penyimpan data kesehatan kita.

Itulah beberapa gadget yang dapat membantu kesehatan mentalmu. Mana gadget yang menarik bagimu? (mic)

Baca juga:

Anak Murung tak Melulu Jadi Pertanda Depresi

#Kesehatan #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan