Atasi Dengkur dengan Lima Makanan ini

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 07 Oktober 2020
Atasi Dengkur dengan Lima Makanan ini
Kebiasaan mendengkur saat tidur dapat menjadi hal yang memalukan bagi penderitanya. (Foto: Pexels/Andrea Piacquadio)

MENDENGKUR atau ngorok tidak mengganggu asal pendengkurnya tidur sendirian. Masalahnya bila suda tidur satu ruangan dengan orang lain. Pasti akan sangat mengganggu.

Mendengkur merupakan gejala yang membuat penderitanya sulit bernapas atau dinamakan apnea tidur obstruktif. Sebaiknya mencari bantuan medis untuk mengatasinya, karena dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain. Namun, ada lima makanan yang dapat mengurangi kebiasaan mendengekur.

Baca Juga:

Ibu Menyusui, Ikuti 4 Cara Ini untuk Maksimalkan Jam Tidur

1. Ikan

ngorok
Ikan dapat membantu mengurangi dengkuran karena Omega 3 dan 6. (Foto: Pexels/mali maeder)

Ikan mengandung asam omega 3 dan 6, yaitu asam lemak yang memproduksi kolestrol baik dan menghentikan kolestrol jahat. Lemak alami yang dihasilkan oleh ikan dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan. Jika terbiasa memakan daging merah, mendengkur kemungkinan akan lebih parah. Karena dalam daging merah terdapat lemak jenuh. Lemak jenuh dapat menyebabkan kram pada pembuluh darah yang menjadi penyebab mendengkur.

2. Madu

ngorok
Meminum madu sebelum tidur dapat mengurangi kebiasaan mendengkur. (Foto: Unsplash/Alexander Mils)

Madu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikrobanya yang memberikan pengaruh meredakan pembengkakan tenggorokan. Pembengkakan tenggorokan merupakan salah satu penyebab mendengkur. Cara mengonsumsinya bisa dengan diminum bersama teh ataupun hanya dicampur dengan air hangat.

3. Susu kedelai

ngorok
Pecinta susu tidak boleh melewati susu kedelai yang menjadi salah satu minuman untuk atasi mendengkur. (Foto: Pexels/Polina Tankilevitch)

Susu kedelai dianggap memiliki berbagai manfaat, bahkan sebagai pengganti susu sapi untuk yang memiliki intoleransi laktosa. Susu sapi yang biasa dikonsumsi kaya akan lemak dan laktosa. Hal ini yang menyebabkan mendengkur karena saluran pernapasan menjadi tersumbat. Susu kedelai tetap memiliki lemak, tapi jumlahnya lebih sedikit. Selain itu, kandungan nutrisinya dapat membersihkan tenggorakan dan saluran hidung.

Baca Juga:

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur

4. Almond

ngorok
Almond memiliki kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat. (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Pecinta kacang-kacangan tidak akan melewatkan kacang ini. Selain membantu berdiet, almond juga meredakan gangguan saluran pernapasan. Jaringan tenggorakan yang terganggu atau tegang dapat ditenangkan dengan kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat yang ada dalam almond.

5. Minyak zaitun

ngorok
Minyak zaitun bisa menjadi pilihan untuk menggantikan minyak biasa. (Foto: Pixabay/stevepb)

Jika memiliki kebiasaan mendengkur gantilah minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Minyak yang biasa digunakan biasanya memiliki lemak hewani, sementara minyak zaitun mengandung asam lemak esensial dan senyawa anti-inflamasi. Refulks asam yang terkandung dalam lemak hewani dapat menyebabkan peradangan pada tengorokan yang mengakibatkan dengkuran. Kandungan pada minyak zaitun lah yang mampu mencegah penyumbatan atau penyempitan saluran pernapasan. (may)

Baca Juga:

Tidur di Lantai Sembuhkan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta?

#Ngorok #Kesehatan #Tidur
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan