Atasi Banjir Pemprov DKI Pasang Ratusan Pompa, Beberapanya Pompa Rusak

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Rabu, 21 November 2018
Atasi Banjir Pemprov DKI Pasang Ratusan Pompa, Beberapanya Pompa Rusak
Banjir merendam kawasan Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur sejak Minggu (11/11) malam. (Foto: BPBD DKI)

MerahPutih.com - Musim penghujan telah tiba. Lagi-lagi masyarakat Jakarta mesti waspada. Luapan air sungai merupakan penyebab ibu kota kerap banjir. Berbagai cara pun telah diupayakan. Salah satunya dengan memasang ratusan pompa air.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan. Kata dia, Pemprov DKI Jakarta telah memasang sebanyak 435 pompa stasioner yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta. "Pada 153 rumah pompa itu, ada 435 pompa stasioner," kata Teguh di Pademangan, Jakarta Utara, Selasa (20/11).

Adapun dari 100 persen kondisi pompa tersebut, Teguh mengatakan sekitar 95 persen termasuk pompa dalam kondisi baik. "Saya katakan dalam kondisi bagus," katanya. Sedangkan lima persennya pompa dalam keadaan kurang baik.

Turap Sungai Ciliwung, Jakarta. (ANT)

Menurut Teguh, kondisi pompa tersebut dipengaruhi usia, sudah lama digunakan pemprov dan belum diganti. Tak tanggung-tanggung, Teguh menuturkan usia pompa tersebut ada yang 40 tahun."Rusak pasti ada," katanya.

Adapun pompa yang rusak itu, kata Teguh, terpasang di daerah Tomang dan Grogol. Meski demikian, lanjut Teguh, Pemprov DKI memiliki solusi untuk mengantisipasi pompa-pompa tersebut seperti menyediakan pompa mobile sebagai pompa cadangan.

"Ada 102 pompa mobile yang kami siapkan di lokasi. Cekungan yang kami anggap rawan banjir maupun genangan. Itu kami backup dengan pompa mobile yang ada di sana. Diganti? Pastilah. Harus diganti," tutupnya (Asp)

#Banjir Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan