Asyiknya Ngopi Bareng 'Presiden' di Loko Coffee Shop Loko Coffee, tempat ngopi asyik bareng 'presiden'. (foto: MP/Theresa Ika)

PERNAHKAH terbayang ngopi bareng Presiden Jokowi?

Jangan cuma mimpi! Di Loko Coffee, kamu bisa merasakan sensasi ngopi bareng Presiden Republik Indonesia. Bukan hanya satu, melainkan semua mantan presiden juga menemani kamu.

1. Ngopi Bareng 'Presiden' di Yogyakarta

LOKO CAFE
Karikatur presiden akan menemani ngopi. (foto: MP/Theresa Ika)

Ya, memang bukan presiden benaran. Hanya gambar karikatur seluruh presiden Indonesia, mulai dari Sukarno, Suharto, hingga Jokowi. Gambar karikatur itu ada di salah satu dinding Loko Coffee Yogyakarta. Mereka siap menemani kamu menikmati suasana Malioboro sambil menyeruput kopi nikmat.

Loko Coffee Yogyakarta resmi dibuka pada Juli 2018. Letaknya di kawasan pusat wisata di Jalan Pasar kembang, tepatnya di utara jalan Malioboro dekat pintu masuk sisi timur Stasiun Tugu Yogyakarta. Pengelolaanya tempat ngopi ini di bawah anak perusahaan PT KAI, PT Reska Multi Usaha.

Tampilan coffee shop ini sangat sesuai dengan selera anak muda zaman now. Kafe ini didesain dengan gaya industrial dengan penerangan yang cukup. Properti kafe sebagian menggunakan pernak-pernik perkeretaanapian, seperti lonceng kereta, bangku dan kursi kereta serta gerbong kereta. Banyak spot oke untuk swafoto yang Instagramable.

2. Makanan Enak Menggugah Selera

rawon iga monster
Rawon iga montser yang wajib kamu cicipi. (foto: MP/Theresa Ika)

Menu makanan yang disajikan pun beragam, mulai dari makanan ringan, seperti kentang goreng, sandwich, pisang goreng hingga pasta. Ada pula makanan berat untuk mengisi perut kosong, seperti chicken cordon blue, mi dan nasi goreng, ayam goreng, dan bebek.

Yang unik, kafe ini menyediakan juga makanan khas beberapa daerah di Indoensia, seperti soto, bakmi godok, lumpia, cireng, tempe mendoan, tengkleng, rawon, dan garang asem. Makanan di kafe ini dijual mulai dari Rp 13 ribu untuk camilan hingga Rp 45 ribu untuk makanan berat.

Manager Pengembangan Bisnis PT Reska Multi Usaha Decil Christianto mengatakan menu favorit di kafe ini ialah bakmi godog dan rawon iga monster. Rawon iga monster bukan sembarang rawon. Iga sapi yang dihidangkan berukuran besar. Panjang tulang iga sekitar 20 cm. Iga itu dibalut daging sapi tebal berwarna cokelat tua. Sebelum disajikan, iga diberi bumbu rahasia, kemudian dibakar. Setelah itu, barulah iga dicampur kuah rawon.

Iga disajikan bersama nasi putih, telur bebek asin, sambal, acar, dan kerupuk. Saat daging digigit, bumbu rempah iga bakar langsung membuat lidah kamu bergoyang. Kamu enggak akan berhenti untuk mengambil dagingnya kembali. Telur asin yang disajikan menambah gurih sajian ini. Seporsi rawon iga monster dibanderol Rp 45 ribu.
Setelah melahap iga monster, lepaskan dahagamu dengan es chili gingger lemon. Minuman soda ini unik karena di dalamnya terdapat rempah-rempah seperti cabai rawit, lemon, jahe, dan taburan daun mint. Rasa dingin, pedas, asam, dan manis bercampur jadi satu. Badan terasa hangat seketika karena efek jahe di dalamnya. Segelas es chilli gingger lemon dihargai Rp 20 ribu.

Buat kamu pencinta kopi, Loko Coffe menyediakan kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Variannya cukup lengkap, seperti kopi Aceh, Papua, Toraja, dan Lampung. Kafe ini bahkan bekerja sama dengan komunitas kopi Nusantara untuk memasok kopi dan para baristanya. Kamu harus coba kopi andalan di kafe ini, yakni Loco kopi. Harga segelas kopi dipatok Rp 13 ribu- Rp 30 ribu.

Walau terbilang baru, kafe ini tak pernah sepi, terlebih saat malam hari dan weekend. Siap-siap tak dapat tempat duduk. Maklum saja, Loko Cafe menyajikan menu yang menggugah selera dan suasana yang nyaman untuk melepas penat dan lelah setelah seharian berkutat dengan kerjaan. Letaknya yang strategis di dekat jalan Malioboro turut mengundang wisatawan mampir.

"Kami buka 24 jam. Wisatawan bisa menikmati indahnya Jalan Malioboro sembari ngopi santai di sini kapap pun mereka mau," kata Decil.

Dalam sehari, kafe ini dikunjungi rata-rata 300-400 orang. Saat weekend, pengunjung bertambah jadi sekitar 400-500 orang per hari. Untuk menggaet pengunjung, Loko Cafe menyajikan live music dengan genre berbeda setiap hari. "Live music mulai pukul 20.00- 23.00. Di sini juga ada free wifi dan kami siapkan banyak colokan untuk cas ponsel," tutur Decil.

Tak perlu pikir panjang, segera tarik bangku dan ngopi santai bareng 'presiden' di Loko Coffee Yogyakarta.(*)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH