Asyik, Wisatawan Malioboro Dimanjakan Wifi Gratis 20 Mbps

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 01 Maret 2017
Asyik, Wisatawan Malioboro Dimanjakan Wifi Gratis 20 Mbps
Kawasan Malioboro, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Wisatawan di Malioboro kini tak perlu repot-repot lagi mencari fasilitas wifi publik di mall-mall atau hotel. Pemerintah Daerah DI Yogyakarta kini telah menyediakan fasilitas wifi gratis di sepanjang Jalan Malioboro dengan kecepatan 20 Mbps.

Kepala Bidang Pengembangan Layanan Teknologi Informatika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DI Yogyakarta, Sugeng Wahyudi, menegaskan, wisatawan dapat mengakses wifi gratis tersebut dengan nama Jogja-Istimewa.

"Di Malioboro ada 10 titik, dengan area jangkauan 200 meter setiap titiknya," terangnya saat ditemui wartawan di kantornya, Kota Yogyakarta, Selasa (28/2).

Sugeng menjelaskan, pengadaan wifi di Malioboro ditujukan untuk wisatawan. Dengan begitu, wisatawan dapat mengakses informasi dengan mudah dan cepat melalui internet. Selain wisatawan, penggunaan wifi juga ditujukan untuk pelaku bisnis di sepanjang Malioboro.

"Malioboro sebagai pusat keramaian publik, ada wisatawan dan pelaku usaha juga," paparnya.

Pengadaan fasilitas wifi publik secara gratis ini merupakan pengggunaan dana istimewa atau disebut danais. Untuk 10 titik wifi ini, dana yang dihabiskan sebesar Rp1,2 miliar.

Untuk menikmati fasilitas wifi ini, cukup hubungkan gadget ke wifi Jogja_Istimewa. Selanjutnya, pengguna akan diarahkan ke website khusus pemda. Kemudian, pengguna cukup mengeklik tombol pengarahan berikutnya, dan akses internet pun siap digunakan. Yang menjadi catatan pengguna, diwajibkan memanfaatkan fasilitas wifi untuk kepentingan positif atau tidak mengakses konten-konten negatif.

Artikel ini ditulis berdasarkan liputan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

#Tas #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan