Asyik, Kereta Api Yogyakarta-Cilacap Sudah Diluncurkan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 27 September 2017
Asyik, Kereta Api Yogyakarta-Cilacap Sudah Diluncurkan
Suasana di dalam KA Wijayakusuma. (Humas Daop 6)

MerahPutih.com - Warga Yogyakarta yang hendak pergi ke Cilacap, atau sebaliknya, kini bisa naik kereta api. Kereta Api Wijayakusuma relasi Cilacap- Yogyakarta dan Cilacap-Solobalapan sudah beroperasi.

Perjalanan perdana kereta api Wijayakusuma dimulai dari Stasiun Solobalapan pada 26 September 2017 malam.

Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 6 Yusren menjelaskan KA Wijayakusuma berangkat perdana dari Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 19.45 WIB. Warga Yogyakarta dan Solo yang mau pulang kampung ke Cilacap bisa menikmati KA Wijayakusuma dengan harga promo.

"Di awal peluncuran, tiket KA Wijayakusuma lagi promo. Dari Yogyakarta- Cilacap dibandrol Rp 50 ribu. Kalau dari Solobalapan- Cilacap Rp 75 ribu," ujar Yusren melalui keterangan pers di Yogyakarta, Rabu (27/9).

KA Wijayakusuma didesain sebagai KA premium dengan 8 gerbong. KA ini memiliki tempat duduk untuk dua orang berpasangan. Kapasitasnya mampu menampung 768 orang.

"Susunan rangkaian 8 kereta premium dan 2 kereta premium difabel," kata Yusrin.

Warga yang hendak pergi ke wilayah Purwerejo, Kebumen, dan sekitar juga bisa menumpang KA ini dengan harga lebih murah. Di samping itu terdapat tarif khusus untuk pembelian go show (mulai 2 jam sebelum keberangkatan) untuk rute Kutoarjo-Yogyakarta/Lempuyangan dan sebaliknya sebesar Rp 25.000 rute Kroya-Cilacap dan sebaliknya Rp 20.000, serta rute Yogyakarta/Lempuyangan-Purwosari/Solobalapan dan sebaliknya Rp 40.000.

Peluncuran KA WIjayakusuma dilakukan dalam rangka merayakan HUT PT KAI yang jatuh pada 28 September 2017. Juga untuk mempermudah warga Yogyakarta dan Solo untuk berpergian ke wilayah Cilacap dan sekitarnya.

Pasalnya sebelum ada KA Wijayakusuma belum ada kereta api langusng dari Yogyakarta menuju Cilacap.

Adapun jadwal perjalanan KA Wijayakusuma sebagai berikut;

Cilacap-Yogyakarta
Jam Berangkat: 05.00 WIB
Jam Tiba: 08.20 WIB

Cilacap-Solobalapan
Jam Berangkat: 14.10 WIB
Jam Tiba:19.13 WIB

Yogyakarta-Cilacap
Jam Berangkat: 09.30 WIB
Jam Tiba: 13.30 WIB

Solobalapan-Cilacap
Jam Berangkat: 19.45 WIB
Jam Tiba: 01.00 WIB. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: Curi Baut Rel Kereta Tiga Karung, Firman Diamankan Muspikel

#Kereta Api #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan