Astronot NASA Mark Vande Hei Pecahkan Rekor Terlama di Luar Angkasa

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 31 Maret 2022
Astronot NASA Mark Vande Hei Pecahkan Rekor Terlama di Luar Angkasa
Vande Hei mendarat dengan selamat dengan kapsul Soyuz Rusia di atas padang rumput Kazakhstan. (Foto: Syracuse)

ASTRONOT NASA Mark Vande Hei tidak sabar untuk melihat istrinya setelah mendarat kembali di Bumi. Misi luar angkasa 355 hari yang telah diselesaikannya itu pun berhasil memecahkan rekor.

Rabu (30/3), Vande Hei mendarat dengan selamat dengan kapsul Soyuz Rusia di atas padang rumput Kazakhstan bersama rekan Rusianya Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov. Ketiganya tampaknya telah tiba dalam keadaan sehat dan, setelah memecahkan rekor selama 355 hari di luar angkasa.

"Bersemangat untuk kesempatan kembali ke Bumi untuk melihat keluarga saya untuk hadir secara fisik dengan istri saya, di mana... Saya belum pernah berada di dekatnya sejak Januari tahun lalu. Jadi itu akan luar biasa." ujar Vande Hei dalam siaran video dari Stasiun Luar Angkasa Internasional sehari sebelumnya.

Baca juga:

Stasiun Luar Angkasa Internasional akan Jatuh pada 2031

Astronot NASA Mark Vande Hei Pecahkan Rekor Terlama di Luar Angkasa
: Misi 355 hari Vande Hei mengalahkan rekor astronot NASA Scott Kelly sebelumnya, yaitu 340 hari. (Foto: NBC)

Namun, penjelajah antariksa itu juga mengakui bahwa kembalinya ke Bumi itu terasa pahit karena menandai akhir dari karir astronot aktifnya. "Saya yakin saya akan memiliki banyak emosi yang saling bertentangan," katanya sebelum penerbangan ke Bumi.

"Saya berjanji kepada istri saya bahwa saya tidak akan terbang ke luar angkasa lagi, jadi itu akan menjadi pahit. Saya sangat, sangat bersyukur memiliki kesempatan luar biasa ini untuk datang ke stasiun luar angkasa di sini dengan orang-orang luar biasa yang saya anggap teman selama sisa hidup saya; untuk melayani negara saya dan seluruh umat manusia," dia menambahkan.

Dia melanjutkan, "[Ada] sedikit kesedihan juga, karena saya akan menutup pintu dan saya tidak akan bisa kembali. Dan ini adalah tempat yang sangat, sangat istimewa."

Setelah kedatangan kru di Kazakhstan, mereka dibawa ke tenda medis dan kemudian diterbangkan dengan helikopter ke Karaganda. Dari sana, Vande Hei akan terbang ke Houston, Texas, dengan pesawat jet NASA.

Begitu pulang, ia kemungkinan akan terus memulihkan diri dari 355 hari berturut-turut di luar angkasa. Itulah penerbangan luar angkasa tunggal terpanjang yang pernah dilakukan oleh astronot Amerika. Misi tersebut mengalahkan rekor astronot NASA Scott Kelly sebelumnya, yaitu 340 hari.

Baca juga:

NASA Tingkatkan Detektor, Waspadai Asteroid Dekati Orbit Bumi

Astronot NASA Mark Vande Hei Pecahkan Rekor Terlama di Luar Angkasa
Vande Hei mendarat bersama rekan Astronot Rusia, Anton Shkaplerov dan Pyotr Dubrov. (Foto: Space)

Wakil Presiden AS Kamala Harris membagikan ucapan selamatnya untuk Vande Hei atas pencapaian bersejarah dan memecahkan rekor tak lama setelah pendaratannya, dengan mengunggah, "Selamat atas perjalanan bersejarahmu dan 355 hari di luar angkasa. Selamat datang di rumah, @Astro_Sabot"

"Tempat yang fantastis, ditempati oleh orang-orang luar biasa, bekerja untuk seluruh umat manusia. Saya akan selamanya menghargai kenangan melayani di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Namun, sekarang, saya senang bisa kembali ke Ibu Pertiwi," Vande Hei juga mengunggah tweet tak lama setelah kedatangannya kembali di Bumi.

Sebelum kedatangan Vande Hei kembali ke Bumi, ada spekulasi bahwa, mengingat AS telah mengutuk tindakan Rusia untuk menyerang Ukraina dan memicu perang, Vande Hei mungkin tidak akan terbang pulang dengan kapsul Soyuz dengan kosmonot Rusia. Namun, hari ini terlihat bahwa kembalinya Vande Hei tetap sesuai rencana, tetap tidak berubah, dan telah berjalan dengan aman dan sukses. (aru)

Baca juga:

NASA Segera Kirim Roket Mega Moon ke Bulan

#Astronot #NASA
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan