Wisata
Astronaut: Persiapkan ini Sebelum Liburan ke Angkasa Luar Astronaut NASA bagikan beberapa tips sebelum memutuskan liburan ke angkasa luar. (Foto: NASA)

LIBURAN ke luar negeri tak lagi istimewa ketika kamu punya pilihan untuk menjelajah angkasa luar. Selama ini, satu-satunya yang cukup beruntung untuk mencapai bintang ialah para astronaut profesional yang disewa dan dilatihan lembaga pemerintah di seluruh dunia.

Untungnya sekarang kita berada di puncak era baru eksplorasi ruang angkasa. Berkat perusahaan komersial seperti Blue Origin dan Virgic Galactic, masyarakat biasa berkesempatan untuk melancong ke luar Bumi.

Baca Juga:

Miliarder Asal Jepang akan Wisata ke Luar Angkasa

angkasa
Calon turis harus menyiapkan fisik karena tubuh akan merasakan sensasi baru ketika terbang ke luar Bumi. (Foto: NASA)

Pengamat memprediksi industri perjalanan akan jadi sektor yang berkembang dalam beberapa tahun ke depan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukannya. Untuk itu, dua mantan astronaut NASA, Dr. Leroy Chiao dan Dr. Scott Parazynski sudah membagikan beberapa tips yang akan sangat berguna untuk calon pelancong.

Pertama dan yang mungkin yang terpenting adalah menyiapkan kondisi fisik dan mental. "Saya pikir orang harus memperlakukan ini sebagai Olimpiade atau Super Bowl. Ini adalah pengalaman hidup yang sangat besar dan meskipun kamu tidak perlu menjadi atlet untuk terbang di angkasa luar, ini membantu untuk menjadi bugar," kata Parazynski pada Travel and Leisure.

Bisa jadi tubuh akan mengalami sensasi baru dalam perjalanan ini. Ketika memasuki gravitasi nol mungkin akan merasa sedikit pusing karena tidak ada lagi gravitasi yang menarik cairan ke kaki. "Jadi semua cairan itu naik ke tubuhmu dan kamu bisa langsung merasakannya. Rasanya seperti sedang berdiri di atas kepalamu," terang Chiao. Namun tak perlu khawatir karena adrenalin dan kegembiraan akan membuat kamu baik-baik saja. Mungkin awalnya saja yang tidak enak, tetapi lama-kelamaan akan jadi lebih terbiasa.

Selain itu, penumpang tak perlu takut dengan G-forces atau tekanan gravitasi yang dirasakan selama akselerasi karena pada kenyataannya tidak se-lebay yang ada dalam film. Kemudian jika biasanya pariwisata identik dengan foto, sepertinya kamu tidak bisa melakukannya saat menjelajahi angkasa.

"Pertama-tama, kamu tidak akan pandai dalam hal itu (memotret) karena perlu sedikit latihan untuk membiasakan diri dengan gravitasi nol. Jangan buang waktu untuk mengambil foto. Dapatkan kenangan, lihat keluar jendela, dan nikmati seluruh pengalaman tanpa bobot," saran Chiao yang pernah melakukan empat perjalanan misi selama 15 tahun bekerja di NASA.

Baca Juga:

Pengalaman Pariwisata Luar Angkasa dari Turis Pertama di Dunia

angkasa
Meski mungkin terbentur atau kesulitan menggunakan kamar mandi, namun pengalaman ini akan sangat sepadan. (Foto: NASA)

Hal lain yang harus diperhatikan adalah durasi perjalanan. Jika turis menghabiskan beberapa hari atau bahkan beberapa minggu, kamu mungkin saja akan terbentur lebih dari sekali. Sebanyak apapun latihan yang diambil, pasti ada saja waktu ketika anggota tubuh tertabrak benda-benda yang melayang di angkasa luar. Kemudian wisatawan juga harus memperhatikan masalah toilet.

"Kamar mandinya tidak terlalu sederhana dan kamu harus berhati-hati," kata Chiao. Tidak seperti di Bumi, toilet yang ada di atas sana menggunakan aliran udara untuk pembuangan. Jadi kamu mungkin harus bersiap membuat kekacauan.

Meski begitu, semua pengalaman ini akan menjadi sangat berharga. Tentu saja uang yang dikeluarkan akan sangat besar, tetapi mereka yang pernah mencobanya menyebutkan bahwa ini sepadan dengan investasinya. "Apa yang akan saya katakan pada calon astronaut adalah bahwa itu akan mengubah hidup mereka selamanya," tutur Parazynski.

Menurutnya, ini adalah perspektif yang tidak dapat ditangkap dalam film. " Tidak ada cara untuk menangkap bagaimana perasaanmu, keterhubungan yang kamu rasakan dengan planet Bumi dan kekaguman yang kamu miliki saat kamu melihat ke alam semesta," tambahnya. (sam)

Baca Juga:

Hotel Ruang Angkasa Pertama akan Beroperasi pada 2027

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pemicu COVID-19 di Indonesia Selain Tidak Patuh Prokes
Fun
Pemicu COVID-19 di Indonesia Selain Tidak Patuh Prokes

menurut Our World in Data kematian akibat COVID-19 Indonesia masih yang tertinggi di Asia Tenggara.

Kominfo Berkolaborasi untuk Lindungi Warganet
Fun
Kominfo Berkolaborasi untuk Lindungi Warganet

Banyak konten berbahaya mengancam warganet.

Band .Feast Angkat Konsep Kantor di 'This is My Wave Concert'
ShowBiz
Band .Feast Angkat Konsep Kantor di 'This is My Wave Concert'

Konser dengan pengalaman baru bagi penonton dan musisinya.

Intip Fesyen Selebriti Dua Lipa, Zendaya hingga Olivia Rodrigo di Musim Panas
Fashion
Intip Fesyen Selebriti Dua Lipa, Zendaya hingga Olivia Rodrigo di Musim Panas

Pesona ini mereka peroleh melalui pakaian maupun riasan yang digunakan.

Buku Anak Karya Meghan Markle Terinspirasi dari Hubungan Harry dan Archie
Fun
'Fall Guys: Ultimate Knockout' Akhirnya Datang Ke Switch 2021
Fun
'Fall Guys: Ultimate Knockout' Akhirnya Datang Ke Switch 2021

Fall Guys: Ultimate Knockout mencakup 60 pemain yang melalui tantangan berat.

Dukung Persiapan SDM Digital, Huawei Beri Pelatihan Siswa SMK
Fun
Dukung Persiapan SDM Digital, Huawei Beri Pelatihan Siswa SMK

Dengan tujuan menyiapkan mereka menjadi SDM di bidang TIK yang berkompeten.

Tren Kucing Gemuk Harus Dihentikan
Fun
Tren Kucing Gemuk Harus Dihentikan

Kucing gendut ini mungkin umurnya tidak lebih dari 10 tahun, mengingat kecenderungan obesitas memicu untuk mati muda.

TikTok Awards Indonesia 2020, ini Daftar Pemenangnya
ShowBiz
TikTok Awards Indonesia 2020, ini Daftar Pemenangnya

Juga menampilkan kolaborasi para kreator dan artis Indonesia.

Kaira Pro, Headset Terbaru Razer untuk Playstation 5
Fun
Kaira Pro, Headset Terbaru Razer untuk Playstation 5

Razer merilis headset khusus untuk Playstation 5.