Asteroid yang Berpotensi Tabrak Bumi Akan Melintas 16 Desember Ilustrasi asteroid. Foto: The Sun

MerahPutih.com - Badan antariksa Amerika Serikat (NASA) mengonfirmasi bahwa sebuah asteroid bakal melintas bumi. Asteroid ini diklaim berpotensi menabrak bumi.

Seperti dilansir Daily Star, Kamis (30/11), asteroid itu bernama 3200 Phaethon, berdiameter lima kilometer. Ketika melintas, asteroid itu diprediksi akan berjarak 10,3 juta kilometer.

"Dengan diameter sekitar 5 kilometer, Phaethon adalah asteroid terdekat-Bumi terbesar ketiga yang tergolong 'berpotensi berbahaya'. Tidak ada lagi asteroid sebesar itu yang tidak mendekati Bumi sejak 16 Desember 1974. Saat itu jaraknya sekitar 5 juta mil dari bumi," ujar pihak NASA.

Dengan ukuran sebesar itu, NASA memasukkan asteroid Phaethon sebagai benda luar angkasa terdekat bumi yang paling besar ketiga. Hal ini yang membuat NASA mengklasifikasikan sebagai asteroid yang mengancam hancurkan bumi.

asteroid 3200 Phaethon

"Phaethon akan melintasi bumi pada 16 Desember 2017. Kami akan memantau dengan radar yang kuat di Goldstone dan Arecibo. Ini akan menjadi kesempatan terbaik untuk mengetahui pengamatan radar terhadap asteroid ini dan kami berharap mendapatkan gambar yang rinci," sambung NASA.

Selain itu, NASA percaya bahwa asteroid yang sama akan terbang melewati Bumi pada tahun 2093.

Kredit : dika

Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH