Asteroid Sebesar Gedung Tertinggi Dunia Menuju Bumi dengan Kecepatan Tinggi

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Senin, 15 November 2021
Asteroid Sebesar Gedung Tertinggi Dunia Menuju Bumi dengan Kecepatan Tinggi
Burj Khalifa gedung tertinggi di dunia saat ini. Karena begitu tinggi, pencahayaan matahari pada menjadi berbeda membuat gedung memiliki 3 waktu berbuka puasa. (Foto: protenders)

MerahPutih.com - Diameternya sekitar 791 meter, hampir setengah mil panjangnya. Namanya 163899 (2003 SD220), kini sedang bergerak menuju bumi dan akan melintasi pertengahan Desember mendatang.

Asteroid raksasa itu ukurannya sebanding dengan gedung tertinggi Burj Khalifa di Dubai, India, bangunan buatan manusia tertinggi di Bumi. Dalam pernyataannya, NASA menyatakan asteroid itu akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember.

Baca Juga:

Burj Khalifa: Beda Lantai, Beda Waktu Sahur dan Iftar

Awalnya, pengamatan yang dilakukan pada tahun 2015 oleh Observatorium Arecibo di Puerto Rico menunjukkan asteroid itu bisa jauh lebih besar, setidaknya 2 kilometer panjangnya, dengan pengamat membandingkan bentuknya seperti ubi jalar.

NASA kemudian datang dengan pengukuran yang berbeda, sekitar 1,6 kilometer, dan membandingkan bentuknya dengan kuda nil. Perkiraan terbaru NASA saat ini menempatkan asteroid pada diameter 791 meter. Dilansir Antara, Senin (15/11), asteroid itu akan terbang melewati Bumi dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dengan kecepatan 5,6 km/detik. Sebagai pembanding, jarak Bumi-Bulan jauh lebih dekat sekitar 385.000 kilometer.

Asteroid

Dengan demikian, meskipun diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA) karena ukuran dan jaraknya yang dekat dengan Bumi, tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi planet ini. Bahkan, NASA telah menyatakan Bumi aman dari dampak asteroid selama 100 tahun ke depan.

BACA JUGA:

NASA Umumkan Ada Lebih dari 2.000 Calon Planet Layak Huni

Asteroid ini termasuk dalam kelas Aten, artinya orbitnya bersilangan dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari, tetapi menghabiskan sebagian besar waktunya di dalamnya. Ada kemungkinan teoritis suatu hari nanti bisa menyerang planet ini, tetapi perhitungan saat ini menunjukkan itu bukan masalah.

Namun, ada nilai lain di asteroid ini, karena berpotensi menjadi lokasi misi eksplorasi robot. karena asteroid ini bisa kaya akan bahan mentah. Eksplorasi asteroid adalah bidang utama dalam astronomi, dan banyak badan antariksa telah menyatakan minatnya untuk menjelajahi banyak objek besar di tata surya.

Saat ini, tidak ada misi seperti itu yang direncanakan, tetapi secara teori dimungkinkan. Laboratorium Propulsi Jet NASA menghitung data untuk misi eksplorasi hipotetis ke asteroid. (*)

Baca Juga

Ngeri, Bulan September Ada Asteroid yang Bakal Nabrak Bumi

#Asteroid #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan