Asteroid Raksasa Melintasi Bumi hanya Berjarak 4,2 juta KM Asteroid raksasa akan dekat dengan Bumi berjarak 4,2 juta KM. (Foto: youtube)

SEBUAH asteroid raksasa yang kalau diukur lebih tinggi dari Burj Khalifa di Dubai, UEA. Burj Khalifa adalah gedung tertinggi di dunia yang memiliki tinggi 828 meter.

Para ahli di NASA memperkirakan asteroid ini akan melintasi dekat dengan Bumi pada tanggal 4 Februari 2018. Asteroid raksasa melintasi Bumi hanya berjarak 4,2 juta KM.

NASA yang memiliki Center for Near Earth Object Studies, telah mengikuti asteroid ini sejak lama. Badan itu sudah mengikuti asteroid bernama 2002 AJ192 sejak tahun 2002. Bila dibandingkan dengan benda-benda luar angkasa lainnya, asteroid ini masih dikatakan sangat jauh dari Bumi.

asteroid
Asteroid. (Foto: cbc)

Para ahli asteroid hanya memperkirakan besar asteroid itu. Mereka membuat perkiraan berdasarkan gambar yang berhasil terekam. Para ahli di NASA mengkelompokan berbagai asteroid ke dalam satuan Astronomical Units.

Mereka mengatakan bahwa benda angkasa berjarak 0.05 Astronomical Unit atau di bawah 8 juta KM atau besarnya lebih dari 30 meter dianggap berbahaya.

Meskipun demikian mereka mengatakan bahwa dalam 100 tahun tidak ada asteroid yang akan jatuh ke Bumi. Tapi setiap kemungkinan pasti ada.

Mereka mengamati 2002 AJ129 menggunakan Goldstone Radio Telescope di California dan teleskop Arecibo di Puerto Rico.

Saat ini para ahli tengah mengembangkan alat bernama Double Asteroid Reflection Test (DART). Alat ini dipergunakan untuk menghancurkan asteroid yang memasuki orbit Bumi. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH