Ih Seram, Asteroid Tengkorak Hantui 2018 Asteroid ini berwajah tengkorak manusia (Foto: space)

ADA yang percaya hantu atau makhluk gaib hadir di sekitar kita. Nyatanya, hantu tidak ada di bumi saja. Di luar angkasa yang jauh di sana, hantu juga hadir memenuhi angkasa.

Namun, yang dimaksud di sini bukan 'hantu' sebenarnya, melainkan sebuah asteroid 'hantu'. Disebut demikian lantaran asteroid tersebut berbentuk tengkorak.

Dikutip dari Science Alert, asteroid tersebut akan 'menghantui' tahun 2018. Asteroid 'hantu' atau para ilmuwan juga menyebutnya dengan asteroid halloween akan terlihat untuk kedua kalinya sejak 2015 silam. Nama ilmiah asteroid tersebut ialah 2015 TB145.

Bentuknya benar-benar menyerupai tengkorak manusia denganwarna yang gelap seperti batu bara. Pada 2015 lalu, asteroid ini terlihat pada tanggal 31 Oktober, bertepatan dengan Halloween.

Namun, bukan berarti asteroid tersebut akan terlihat setiap Halloween juga sih. Periode orbital yang dimiliki asteroid itu ialah 1.112 hari atau sekitar tiga tahun. Dengan demikian, setiap 'kunjungannya' akan memiliki waktu berbeda.

Asteroid hantu terlihat 2015 lalu saat hari halloween (Foto: slate)

"Benda itu berukuran antara 625 meter dan 700 meter. Bentuknya elipsoid yang sedikit diratakan, dan sumbu rotasinya kira-kira tegak lurus terhadap Bumi pada saat kedekatannya terdekat," kata astrofisikawan Pablo Santos-Sanz dari Institute of Astrophysics di Andalusia.

Diperkirakan, pada 2018 nanti asteroid 'hantu' akan terlihat pada awal November. Namun, dari Bumi, asteroid akan terlihat lebih jauh daripada kemunculannya pada 2015. Jaraknya sekitar 105 kali jarak antara Bumi dan bulan.

Lebih dalam, asteroid tersebut tadinya merupakan sebuah komet yang kehilangan semua senyawa volatilnya setelah banyak orbit mengelilingi Matahari. Keadaan asteroid tersebut seperti batu mati yang terbang melintasi angkasa yang masih berjarak 3,7 kali jarak antara Matahari dan Bumi.

Untuk melihatnya, Anda akan membutuhkan sebuah teleskop khusus yang biasa digunakan para ilmuwan. Namun, saat melihat gambarnya, apa menurut Anda asteroid itu benar berbentuk tengkorak?(ikh)

Baca juga artikel Elon Musk Kirim Tesla Roadster ke Mars

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH