Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Sambut Musim Haji

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 24 Mei 2022
Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Sambut Musim Haji
Asrama Haji Donohudan, Desa Donohudan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Kementerian Agama (Kemenag) RI memastikan kesiapan Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, dalam menyambut calon jemaah haji 1443 H/2022 M.

Diketahui, Asrama Haji Donohudan menampung calhaj asal dua provinsi, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah.

Baca Juga

Menteri Agama Cek Sejumlah Fasilitas Jemaah Haji Indonesia di Arab Saudi

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo mengatakan, hasil peninjauan Asrama Haji Donohudan siap menampung ribuan calhaj. Asrama Haji Donohudan yang dulu pernah jadi lokasi isoter COVID-19, sudah dibersihkan.

Dikatakannya, untuk sarana dan prasarana juga sudah siap semuanya. Meskipun ada sejumlah fasilitas yang perlu diperbaiki tidak akan memakan waktu lama.

"Beberapa sarana prasarana sudah dan sedang diperbaiki agar jemaah semakin nyaman dan aman,” ujar Wibowo, Senin (23/5).

Baca Juga

17 Ribu Jemaah Haji Belum Vaksin COVID-19 Dosis Kedua

Sejumlah sarana prasarana asrama haji, lanjut Wibowo, sudah tertata rapih. Misalnya, tempat tidur jemaah dengan sprei yang bersih, setiap lantai gedung ada musalla dan tempat makan yang representatif, gedung aula yang akan menjadi titik kumpul hingga sarana manasik.

"Kamar mandi dan wastafel untuk cuci tangan jemaah juga sudah kami dibersihkan. Air bersih mengalir setiap saat, dapur dan pantry juga siap digunakan. Poliklinik dengan tenaga kesehatan siap beroperasi," papar dia.

Ia menambahkan Asrama Haji Donohudan akan melayani 15.305 orang, terdiri atas 13.868 jemaah asal provinsi Jawa Tengah dan 1.437 jemaah asal DI Yogyakarta.

Mereka terbagi dalam 44 kelompok terbang (kloter). Kloter pertama masuk asrama haji pada 3 Juni 2022 dan terbang ke Tanah Suci sehari kemudian.

"Selama berada di Asrama Haji Donohudan kita berlakukan prokes ketat," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

89.715 Calon Jemaah Telah Melunasi Biaya Haji

#Asrama Haji #Ibadah Haji #Jemaah Haji
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan