Aspek Psikologis yang Timbul Akibat Kecanduan Game Online Kecanduan game online bisa menyebabkan banyak masalah (Foto: pixabay/itechirfan)

SELURUH jenis kecanduan tentunya bukan merupakan hal yang baik, termasuk kecanduan bermain game online.

Seperti halnya saat seseorang kecanduan bermain game online, maka ia akan cendrung memprioritaskan game online itu dibandingkan kepenting yang lainnya.

Baca Juga:

Video Game Ini Bisa Turunkan Berat Badan 9 Kilogram dalam 30 Hari?

Dalam hal ini kepentingan lainnya yang dimaksud yakni makan, tidur, bekerja, belajar, bersosialisasi dengan lingkungan dan sebagainya.

Seorang akan menjadi gelisah, marah hingga depresi jika kecanduan bermain game tak terpuaskan (Foto: pixabay/explorerbob)

Jika kecanduan bermain game online tak terpuaskan, maka seseorang biasanya menjadi gelisah, marah, depresi, dan tak dapat beraktifitas dengan baik seperti seharusnya.

Dilansir dari laman alodokter, secara psikologis, kecanduan game online sama halnya dengan kasus kecanduan lainnya. Dapat memicu aktivitas dopamin yang berlebihan.

Dopamin merupakan salah satu senyawa kimi pada otak, yang mempunyai peran penint dalam regulasi proses reward dan motivation.

Baca Juga:

Sukses Jadi Streamer Video Game, ini Tipsnya

Peningkatan aktivitas dopamin sendiri, jika masih dalam watas yang wajar, dapat membantu meningkatkan konsentrasi, memperbaiki suasana hati serta membuat seseorang lebih akti menjalani aktivitas sosial.

Tapi, apabila akvitias dopamin meningkat secara berlebihan, akan mengakibatkan agitasi, kecemasan berlebihan, hedonisme, euforia, hiperkatif, mania, insomnia, stres, paranoid, tak mampu mengontrol diri sendiri, mengalami peningkatan nergi serta libido yang sulit untuk terbendung.

Pecandu game online pun kerap kali tak menyadari jika dirinya tengah mengalami kecanduan, hal itu karena dia merasa sangat nyaman ketika melakukannya.

Beberapa jenis game online pun dibuat dengan menyediakan dunia fantasi yang mirip dengan dunia nyata, tpai dapat dikontrol oleh pemainnya.

Kecanduan game online bisa menyebabkan banyak masalah (Foto: pixabay/itechirfan)

Akibatnya, main game online juga bisa dijadikan cara pemainnya untuk lari dari masalah, seperti ketika apa yang dialami dikehidupan nyata tak selalu sesuai dengan harapan.

Lantaran kecanduan bermain game online itu, hubungan sosial penderita pun biasanya menjadi terkendala. Akibatnya ialah bisa terjadi masalah dalam rumah tangga, pekerjaan, hingga lingkungan pertemanan.

Karena itu, sebisa mungkin jauhkanlah diri kamu dari segala macam kecanduan, termasuk kecanduan game online. Karena jika berlebihan, tak baik bagi kesehatamu secara fisik maupun psikis.

Tetapi, jika dilakukan secar wajar, game online dapat dijadikan salah satu cara untum melepas kejenuhan. (Ryn)

Baca Juga:

Tidak Selalu Negatif, Bermain Video Game Juga Punya Dampak Positif

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH