Asian Games 2018 Momen Promosikan Produk Ekonomi Kreatif Indonesia Warga berjalan di samping display promosi Asian Games 2018 di Kawasan Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Jumat (20/4). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

MerahPutih.com - Asian Games 2018 yang digelar di Indonesia pada Agustus mendatang bisa menjadi momen untuk mempromosikan produk ekonomi kreatif nasional.

"Asian Games momen yang tepat untuk mempromosikan berbagai produk kreatif Indonesia," kata Direktur Pengembangan Pasar Luar Negeri Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Bonifasius Pudjianto di Jakarta, Jumat (20/4)

Pihaknya sudah pasti bakal turut berkontribusi dalam memasarkan produk kreatif nusantara, dan bahkan berencana untuk ikut serta dalam acara pembukaan ajang olahraga se-Asia itu.

Ia juga mengemukakan bahwa bentuk kontribusi dan konsepnya sedang dibahas baik secara internal maupun dengan beberapa pihak terkait.

Promosi Asian Games 2018. Foto: ANTARA

Menurut dia, sebagaimana dilansir Antara, Asian Games juga strategis dalam memperkenalkan berbagai subekonomi kreatif seperti kuliner asli nusantara, kepada para tamu-tamu dari negara lain.

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games (Inasgoc) 2018 Erick Thohir mengaku pihaknya telah menyiapkan strategi khusus promosi untuk mempromosikan Asian Games 2018 ke masyarakat dalam negeri dan dunia internasional.

"Memang nanti ada strategi khusus, karena nanti ada juga piala dunia (sepakbola), agar tidak tabrakan perlu ada strategi yang akan kita presentasikan langsung minggu depan," kata Thohir usai mengikuti Rapat Terbatas persiapan Asian Games di Istana Bogor, Rabu (18/4).

Hal ini diungkapkan Thohir menanggapi sindiran Presiden Joko Widodo yang melihat sisi promosi untuk Asian Games di media lokal maupun media-media internasional yang belum ada pergerakan.

Untuk itu Presiden meminta promosi dan pemasangan iklan terkait Asian Games rutin dilakukan setiap dua minggu sekali di media lokal maupun internasional.

"Presiden mengarahkan promosi Asian Games ditingkatkan. tidak hanya panitia saja, tentu juga kalangan pemerintah daerah atau kementerian supaya Asian Games ini menjadi demam di masyarakat," ungkap Thohir.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan Presiden meminta seluruh masyarakat tidak melewatkan momentum menjadi tuan rumah Asian Games karena tidak mudah terpilih menjadi tuan rumah perhelatan olahraga terbesar di Asia.

Kampanyekan pariwisata lewat Asian Games 2018

Kementerian Pariwisata siap meramaikan pasar wisata tanah air dengan ikut mengkampanyekan destinasi wisata melalui momentum Asian Games 2018.

Di samping mendukung sosialisasi kegiatan Olah raga se-Asia, Kemenpar mengaku sudah mulai melakukan kampanye untuk meningkatkan jumlah wisatawan domestik dan mancanegara.

Terkait hal itu, Kemenpar sudah berintegrasi dengan sejumlah instansi guna mensukseskan even tersebut.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Kemenpar 1 I Gde Pitana menjelaskan, Kemenpar mendukung penuh kampanye Asian Games 2018 melalui pariwisata nasional.

Promosi Asian Games 2018. Foto: ANTARA

Dia mengatakan sejak awal 2017, Kemenpar telah mempromosikan event Asian Games 2018 dengan menampilkan logo Asian Games 2018 dimanapun Kemenpar menggelar promosi pariwisata.

Bahkan, Kemenpar telah mengumpulkan pelaku industri pariwisata untuk ikut berpatisipasi membuat paket pariwisata di event Asian Games.

Secara teknis, Kemenpar bahkan telah mengkampanyekan berbagai atribut Asian Games 2018 melalui berbagai alat peraga kampanye di dalam dan luar negeri.

"Dukungan publikasi berupa pembuatan TVC, pembuatan buku paket wisata asian games 2018, Placement logo Asian Games di media lokal dan internasional, Torch relay dan Famtrip," kata I Gde saat dimintai keterangan, Kamis (19/4).

Guna meramaikan destinasi pariwisata nasional, berbagai paket wisata pun sudah di sosialisasikan ke belahan dunia.

"Dalam paket wisata Asian Games ini terdapat 75 paket perjalanan wisata, baik paket khusus Sumatera Selatan atau Jakarta ada juga paket kombinasi Jakarta-Sumsel, Jakarta-Banten dan seterusnya," kata dia.

Sosialisasi Asian Games juga melibatkan seluruh stakeholder dalam dan luar negeri, tujuannya agar masyarakat dunia ikut meramaikan even yang digelar di dua Provinsi tanah air itu.

"Kita dukung kampanye Asian games hingga ke manca negara, Malaysia hingga Jerman," ujarnya.

Gelora Asian Games di Tanah Air

Empat bulan lagi masyarakat Indonesia akan menyambut pagelaran pesta olah raga se-Asia yang akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Melalui momentum itu, Kemenpar mulai ikut menyulut gelora masyarakat untuk ikut meramaikan hangatnya pesta olah raga bertajuk Asian Games 2018. Tujuannya adalah membuat publik demam Asian Games.

Bagaimana caranya? Melalui berbagai instansi pemerintah, Kementerian Pariwisata juga siap ikut meramaikan Asian Games dengan mempromosikan pusat wisata nasional.

Berbagai kemudahan berwisata pun mulai dipromosikan melalui iklan dan kampanye. Mulai dari kemudahan dan kenyamanan transportasi hingga penginapan.

"Sebab ini momentum untuk memperkenalkan objek wisata sejumlah daerah yang ada di Palembang, Jakarta, Banten, Jawa Barat maupun Bali," terangnya.


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH