Aseel Al Hamad dan Abbi Pulling Jadi Wanita Pertama yang Kendarai F1 di Arab Saudi

Soffi Amira PutriSoffi Amira Putri - Jumat, 25 Maret 2022
Aseel Al Hamad dan Abbi Pulling Jadi Wanita Pertama yang Kendarai F1 di Arab Saudi
Aseel Al Hamad dan Abbi Pulling. Foto: dok. F1

MerahPutih.com - Pembalap Seri W Abbi Pulling dan pembalap Arab Saudi, Aseel Al Hamad menjadi wanita pertama yang mengendarai mobil Formula 1 di Arab Saudi sebagai bagian dari demonstrasi yang diselenggarakan oleh Alpine.

Menjelang Grand Prix Arab Saudi 2022, Pulling bergabung dengan Al Hamad untuk mewakili Arab Saudi di FIA Women in Motorsport Commission. Lalu, merupakan anggota dewan federasi motorsport Saudi di mobil F1 E20 2012 yang sebelumnya dikenal sebagai Lotus E20.

Baca juga:

Highlights F1 GP Bahrain 2022, dari Mobil Terbakar Hingga Kebangkitan Ferrari

Abbi Pulling
Abbi Pulling. Foto: dok. F1

Melalui bantuan Otoritas Pariwisata Saudi, kedua pembalap tersebut bakal menggebrak E20 untuk tur melintasi Kerajaan, kota Diriyah dan situs Warisan Dunia UNESCO, serta menciptakan sejarah dalam prosesnya. Al Hamad juga pernah mengendarai E20 di Paul Ricard pada 2018 lalu.

“Sangat indah untuk mengemudi dengan Alpine sekali lagi, dan bahkan lebih istimewa untuk melakukan ini di negara saya Arab Saudi dan kota asal saya di Riyadh. Saya harap ini menginspirasi lebih banyak generasi untuk jatuh cinta dengan Formula 1 dan lebih banyak wanita untuk mempertimbangkan motorsport sebagai karir masa depan,” ujarnya seperti dilansir KabarOto.com.

Baca juga:

Ferrari Bakal Mengganas di Musim Balapan 2022?

Aseel Al Hamad pernah mengendarai E20 di Paul Ricard
Aseel Al Hamad pernah mengendarai E20 di Paul Ricard. Foto: dok. F1

Pulling, yang juga melanjutkan di Seri W musim ini, menambahkan. "Saya mendapatkan pengalaman pertama saya dengan mobil F1 akhir pekan lalu dan itu semua yang saya harapkan, dan banyak lagi. Saya mulai balapan ketika saya baru berusia delapan tahun, selalu dengan tujuan. mencapai Formula 1, dan saya sangat senang bisa sedikit lebih dekat,” ucapnya.

“Pernyataan memiliki dua wanita mengendarai mobil F1 melalui ibu kota Arab Saudi, melewati monumen bersejarah yang berharga dan ke jantung kota, menunjukkan bahwa siapa pun dengan drive yang cukup dapat mengejar impian mereka di motorsport,” kata CEO Alpine Laurent Rossi.

Grand Prix Arab Saudi 2022 menjadi putaran kedua musim ini dan akan berlangsung di Jeddah pada 25-27 Maret 2022. Sekarang, posisi Scuderia Ferrari memimpin kedua klasemen baik pembalap dan konstruktor usai kemenangan besar di Bahrain.

Baca juga:

Dokumenter Formula 1 'Drive to Survive' Season 4 Telah Rilis di Netflix

#Otomotif #Formula 1 #Grand Prix
Bagikan
Bagikan