ASEAN Literary Festival Siap Digelar Agustus Mendatang

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 08 Juni 2017
ASEAN Literary Festival Siap Digelar Agustus Mendatang
ASEAN Literary Festival atau ALF akan kembali digelar pada 3-6 Agustus 2017 di Kompleks Kota Tua, Jakarta. (Foto: ASEAN Literary Festival)

ASEAN Literary Festival atau ALF akan kembali digelar pada 3-6 Agustus 2017 di Kompleks Kota Tua, Jakarta. Perhelatan kali ini istimewa karena diadakan sekaligus untuk merayakan 50 tahun berdirinya asosiasi bangsa-bangsa Asia Tenggara atau ASEAN.

Festival ini diikuti oleh penulis intelektual, seniman dan akademisi dari 10 negara anggota ASEAN. Selain itu, akan hadir pula peserta dari 20 negara di Asia, Eropa, Amerika, Afrika dan Australia.

Menurut pendiri sekaligus Direktur Program ASEAN Literary Festival, Okky Madasari, festival tahun ini mengangkat tema "Beyond Imagination" karena AFL selama tiga tahun terakhir ini telah berperan menjadikan budaya dan sastra sebagai unsur penting keberlangsungan ASEAN dan telah mendeklarasikan diri menjadi komunitas.

"Menjadi komunitas berarti mengenal budaya masing-masing, termasuk keakraban terhadap produk-produk sastra dan buku dari masing-masing negara anggota," kata Okky.

Perayaan 50 tahun ASEAN, bagi Okky, merupakan refleksi pencapaian pembentukan komunitas budaya dan sastra kawasan serta apa yang menjadi tantangan 50 tahun ke depan. Budaya dan sastra menjadi konten penting dalam era digital dan media sosial sekarang ini.

Okky juga menekankan peran penting festival memperkenalkan pencapaian dan produk sastra penulis-penulis ASEAN ke tingkat global serta usaha-usaha festival dalam meningkatkan kecintaan terhadap buku dan membaca di kalangan anak muda dan anak-anak Indonesia serta kawasan di era media sosial.

Perayaan ALF 2017 didukung penuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta Kementerian Luar Negeri. Festival juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni, demo kuliner dan pameran buku. Bila tertarik, Anda dapat mengunjunginya pada 3-6 Agustus 2017.

Sumber: ANTARA

Dapatkan informasi lebih detail mengenai literasi pada artikel Lawan Hoax, Pengamat: Kuncinya Literasi Dan Harus Cerdas.

#Festival #Asean Literary Festival
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan