ASDP Kupang Tambah Satu Kapal Roro KM Unsini diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (18/6). Kapal dengan tujuan akhir Kupang. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Kupang menambah satu kapal roll-on-roll-off (ro-ro) untuk dua rute pelayaran akibat jumlah penumpang yang membludak pada H-5 perayaan Idul Fitri 1438 H.

"Melihat situasi saat ini dan terlihat akan terjadi lonjakan penumpang kita tambah satu kapal untuk dua rute pelayaran berbeda dari Kupang," kata General Manager PT Indonesia Fery Cabang Kupang, Burhan Zahim seperti dilansir dari Antara di Kupang, Selasa (20/6).

Dua rute yang ditambahkan kapal tersebut adalah Kupang-Larantuka serta Kupang-Kalabahi. Untuk Kupang Larantuka, kata Burhan, pihaknya hanya menyiapkan KMP Ile Ape.

Namun, karena melihat jumlah penumpang yang banyak, maka pihaknya menambah lagi satu kapal (ro-ro) yakni KMP Ranaka.

"Demikian juga dengan tujuan rute Kupang-Kalabahi. Tadi yang pertama jalan KMP Ile Mandiri, kemudian ditambah lagi dengan KMP Inerie II," ujarnya.

Burhan yang ditemui saat sedang memantau arus mudik di pelabuhan Bolok bersama dengan Kepala Basarnas I Ketut Ardana, Kepala Syahbandar Kupang Herman Pattiasina.

Ia mengatakan, dalam memperlancar arus mudik di wilayah NTT, pihaknya menyiapkan delapan kapal. Ke-8 armada tersebut, masing-masing KMP Ile Ape, KMP Rokatenda, KMP Pulau Sabu, KMP Ile Mandiri, KMP Balibo, KMP Ine Rie II, KMP Ile Labalekan dan KMP Cirung yang lengkap dengan fasilitas keselamatan penumpang.

Pantauan pewarta Antara di pelabuhan tersebut, tampak para penumpang dengan rute Kupang-Larantuka dan Kupang-Kalabahi berdesak-desakan untuk membeli karcis.

Sementara itu sebagian yang sudah membeli karcis terpaksa berdiri di luar ruang tunggu karena ruangan yang disiapkan tidak mampu menampungnya.

Menurut dia, puncak arus mudik melalui pelabuhan Bolok, sudah dimulai pada Selasa (20/6) hari ini, dan akan terus meningkat jumlah penumpangnya.

Namun ia mengatakan, pihaknya bisa mengatasinya sebab kenaikan penumpang itu sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sumber: ANTARA



Yohannes Abimanyu

YOU MAY ALSO LIKE