Asap Masih Tebal, Penerbangan Solo-Banjarmasin di Bandara Adi Soemarmo Ditunda NAM Air SOC-BANJARMASIN PK-NYZ menunda penerbangan di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah akibat karhulta, Kamis (19/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah menunda penerbangan untuk rute Solo-Banjarmasin, Kamis (19/9). Hal itu disebabkan akibat dampak kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhulta) di Kalimantan Selatan.

Humas PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Danar Dewi, mengungkapkan maskapai yang punya rute penerbangan Solo-Banjarmasin menunda keberangatan. Demikian halnya penerbangan rute Banjarmasin-Solo juga ditiadakan.

Baca Juga:

Asap Kebakaran Lahan dan Hutan Mulai Cemari Udara di Pekanbaru

"Akibat kabut asap karhulta mempengaruhi penerbangan di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo. Maskapai yang menunda penerbangan adalah Nam Air SOC-BANJARMASIN PK-NYZ dengan rute Solo-Banjarmasin," ujar Danar.

Petugas Bandara Adi Soemarmo Solo
Petugas Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah memeriksa penumpang masuk bandara, Kamis (19/9). (MP/Ismail)

Ia mengatakan sesuai jadwal seharusnya pesawat tersebut berangkat pukul 06.45 WIB. Namun, penerbangan ditunda karena jarak pandang di Banjarmasin kurang dari 1.200 meter.

"Pesawat Nam Air akhirnya terbang pada pukul 08.34 WIB, setelah jarak pandang di Banjarmasin sudah di atas 1.200 meter. Pesawat itu take off Pukul 08.35 WIB," jelas dia.

Suasana penumpang di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo
Suasana di Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah (MP/Ismail)

Danar Dewi mencatat ada 20 penumpang yang diberangkat dari Solo-Banjarmasin. Selama penundaan berlangsung, para penumpang tetap berada di dalam bandara. Penerbangan Solo-Banjarmasin di Bandara Adi Soemarmo saat ini baru dilayani oleh Nam Air.

Baca Juga:

Darurat, Asap Kebakaran Hutan di Wilayah Calon Ibu Kota Negara Sudah Sampai Malaysia

"Nam Air setiap hari melayani penerbangan rute Solo-Banjarmasin dengan jadwal penerbangan pagi. Lalu penerbangan Banjarmasin-Solo jadwal penerbangan sore," tutup dia.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

BNPB: Membiarkan Asap Adalah Membiarkan Kerusakan Generasi Akan Datang



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH