Telusur Elok Aceh

Asam Udeung, Sambal Pembangkit Selera Makan dari Tanah Rencong

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 29 Juli 2018
Asam Udeung, Sambal Pembangkit Selera Makan dari Tanah Rencong
Asam udeung jadi pemvangkit selera makan. (Foto: [email protected])

SETIAP daerah memiliki jenis sajian sambalnya. Sambal tak bisa dilepaskan dari kuliner tradisional Indonesia sebagai pelengkap yang untuk menambah selera makan.

Dari Aceh, ada satu sambal yang patut kamu coba. Nama sambal asam udeung. Asam sendiri artinya sambal, sedangkan udeung berarti udeung. Jadi sebetulnya menyebut kuliner ini bisa hanya dengan nama "asam udeung." Asam udeung termasuk pada jenis sambal mentah.

Asam udeung seperti namaya merupakan sambal udang. Terdiri dari beragam bumbu sambal ditambah dengan udang segar yang direbus. Selain ada bumbu tambahan lain yang istimewa yaitu belimbing wuluh, serai, dan daun jeruk.

Asam udeung. (Foto: Instagram/rencoengdirgantara)
Asam udeung. (Foto: Instagram@rencoengdirgantara)

Pertama-tama bahan-bahan sambal seperti cabai merah, cabai rawit, bawang merah, tomat, ditambah cabai diulek menjadi satu. Kemudian ditambahkan belimbing wuluh yang sudah terlebih dahulu dicincang. Baru setelah itu yang terakhir udang.

Udang yang dicampurkan ke dalam sambal terlebih dahulu dibersihkan dan dikupas kulitnya. Setelah itu direbus sampai matang. Udang rebus inilah yang kemudian dicampurkan ke dalam sambal. Udang sama-sama diulek dengan bahan-bahan sehingga tercampur menjadi satu.

Asam udeung. (Foto: instagram/ukhty_ojha96)
Asam udeung. (Foto: instagram@ukhty_ojha96)

Asam udeung bercitarasa gurih berasal dari udang. Selain itu layaknya sambal berasa pedas ditambah campuran asam belimbing wuluh. Asam udeung juga memiliki wangi khas dari daun jeruk dan serai.

Asam udeung cocok dimakan bersama nasi putih. Sambal asam udeung tentu bakal meningkatkan selera makan kamu. Kalau melancong ke Aceh, asam udeung harus masuk dalam daftar berwisata kuliner kamu. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Fakta-fakta Unik Nasi Goreng Aceh, Apa Ya Bedanya dengan Nasgor Lain?

#Kuliner Aceh #Kuliner Indonesia #Telusur Elok Aceh
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan