Asal Usul Kata Lebaran Umat Islam melaksanakan salat Ied (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

UMAT Islam di seluruh dunia kini sedang merayakan perayaan besar yakni Idul Fitri. Di Indonesia sendiri Hari Raya Idul Fitri sering disebut Lebaran Mudik. Hal itu karena saat libur panjang Idul Fitri, banyak masyarakat yang pulang ke kampung halaman.

Sebelumnya, merahputih.com sudah pernah menjelaskan asal usul kata mudik (Kamu bisa baca di: Dari Mana Asal Kata Mudik?). Lantas bagaimana dengan Lebaran? Apalagi kata tersebut tak dikenal di bahasa Arab. Ternyata 'Lebaran' tak bisa dilepaskan dari tradisi Hindu yang sudah lebih dulu ada di Indonesia berabad-abad lalu.

Salat Ied (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)
Salat Ied (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra)

Dilansir dari Antaranews, seorang sastawan Sunda, M.A Salmun dalam artikelnya di majalah Sunda tahun 1954 mengatakan kalau makna Lebaran berasal dari tradisi Hindu yang artinya "Selesai, Usai atau Habis". Maksudnya adalah pertanda selesainya masa puasa.

M.A Salmun memperkirakan kalau istilah tersebut dikenalkan para Wali agar umat Hindu yang baru masuk Islam tidak asing dengan ritual keagamaan di Islam.

Berbeda dengan penjelasan M.A Salmun. Sebagian masyarakat Jawa mengklaim kalau kata Lebaran berasal dari Jawa yakni 'Wis Bar' yang artinya usai. Maksudnya, sudah menyelesaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Sementara kata 'Bar' adalah kependekan dari 'lebar'.

Lebaran Idul Fitri sering disebut Lebaran Mudik (Sumber: Merahputih.com / Rizki Fitrianto)
Lebaran Idul Fitri sering disebut Lebaran Mudik (Sumber: Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Hanya saja, orang Jawa jarang menggunakan kata 'Lebaran' untuk mengartikan Idul Fitri. Mereka lebih sering memakai kata 'Sugeng Riyadin'. Kata Lebaran justri belih banyak dibakai oleh masyarakat Betawi, dengan pemaknaan berbeda.

Masyarakat Betawi menganggap Lebaran berasal dari kata lebar. Artinya sebagai kelegaan hati usai menjalankan ibadah serta merayakannya dengan sukacita. Menariknya, Lebaran bukan hanya dipakai untuk Idul Fitri saja, melainkan Idul Adha yang sering disebut Lebaran Haji. Ia juga dipakai pada taun baru Imlek dengan istilah Lebaran Cina.

Sementara dalam kamus bahasa Indonesia, Lebaran adalah kata dasar yang terdiri dari tiga suku kata Le + Ba + Ran. Lebaran artinya hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal, usai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH