Asal Usul Gaun Pengantin Berwarna Putih Gaun pengantin identik dengan warna putih. (Foto: Pixabay/Sasint)

GAUN menjadi salah satu bagian terpenting dalam pernikahan, khususnya perempuan. Mendengar kata gaun, hal yang tersirat dalam pikiran adalah pakaian warna putih dipadu dengan motif atau aksen yang menawan. Putih menjadi warna paling umum untuk sebuah gaun pernikahan. Namun, pernahkah kamu berpikir mengapa kebanyakan gaun pernikahan berwarna putih?

Menurut majalah Brides, 93 persen pengantin wanita memilih gaun berwarna putih pada hari pernikahannya. Di Indonesia, hampir di setiap acara pernikahan mengenakan gaun berwarna putih. Biasanya digunakan saaat prosesi akad atau pemberkatan. Karena sudah menjadi kebiasaan, asing rasanya ketika melihat pengantin perempuan mengenakan gaun selain warna putih.

Baca juga:

Segudang Inspirasi Pernikahan di Bridestory Market

Gaun berwarna putih dipopulerkan oleh Ratu Victoria, yang menjadi Ratu Inggris pada 1837-1901. Tepatnya di hari pernikahannya dengan Pangeran Albert 10 Februari 1940. Ratu Victoria juga mempopulerkan dua tren mode yaitu, warna hitam pekat yang biasa digunakan ketika berkabung, dan warna putih untuk warna gaun pengantin.

 Salah satu tokoh perempuan di dunia, Meghan Markle mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Foto by people.com
Gaun putih yang dikenakan oleh Ratu Victoria. (Foto: Vogue)

Sebelum Ratu Victoria menikah, para bangsawan lain mengenakan gaun berwarna merah. Merah dianggap sebagai warna yang mewah, sedangkan putih biasanya dipakai oleh perempuan yang sedang dalam peradilan.

Melihat hal ini, membuat banyak pemimpin Eropa mengikuti jejaknya. Gaun putih melambangkan kemurnian, kejernihan, kesucian, dan kemewahan. Selain itu, gaun putih juga memiliki nilai lebih karena perawatannya yang terbilang sulit.

Baca juga:

Enggak Tradisional, Acara Pernikahan ini Malah Keren Banget

Pada awal kepopulerannya, gaun putih biasanya hanya digunakan oleh kaum bangsawan dan orang-orang kaya saja. Perlu beberapa waktu untuk membuat gaun putih menjadi terbiasa bagi kalangan menengah di Eropa dan Amerika Serikat.

Sebelumnya, mereka hanya mengenakan pakaian terbaik mereka saja ketika menikah. Setelah Perang Dunia Kedua berakhir, masyarakat menjadi lebih makmur dan pakaian menjadi salah satu hal yang mudah untuk diproduksi. Mulai dari situlah warna putih menjadi ciri khas dalam pesat pernikahan.

Asal Usul Gaun Pengantin Berwarna Putih
Salah satu tokoh perempuan di dunia mengenakan gaun pengantin berwarna putih. (Foto: Twitter @secretofellie)

Gaun putih semakin populer ketika para tokoh perempuan di dunia mengenakan warna putih saat menikah. Beberapa diantaranya adalah Kate Middleton, Princess Grace Kelly, Putri Diana, dan Meghan Markle.

Kini, gaun pengantin berwarna putih sudah jadi familiar di Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat di setiap acara pernikahan. Nah, kalau kamu lebih suka gaun warna putih atau warna lain? (and)

Baca Juga:

Bisa Jadi Ide, Suvenir Pernikahan yang Sedang Kekinian



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH