Asal Muasal Kata Bacon, Sarapan Favorit Pangeran Harry

Rina GarminaRina Garmina - Kamis, 14 Desember 2017
Asal Muasal Kata Bacon, Sarapan Favorit Pangeran Harry
Bacon. (Foto: Pixabay)

SETANGKUP roti isi sosis dan bacon ternyata merupakan menu sarapan favorit Pangeran Harry. Calon suami aktris Meghan Markle ini pernah pula mengungkapkannya kepada seorang anak bernama Marni kala bertemu di acara WellChild beberapa bulan lalu.

Terlepas dari kisah Pangeran Harry dan Meghan, istilah bacon memiliki sejarah panjang. Bagian perut babi yang diasinkan telah lama disajikan di meja makan orang Tionghoa sejak ribuan tahun lalu. Daging babi juga dapat dijumpai pada masa Kerajaan Romawi berkuasa. Begitu pula dengan bangsa Anglo-Saxon, sang penakluk Inggris.

Petani Anglo-Saxon biasa memasak dengan lemak bacon. Di abad ke-16, bangsa Inggris menyebut bacon atau bacoun untuk semua olahan babi. Kata bacon diturunkan dari dialek Jerman dan Prancis. Orang Prancis menyebutnya bako. Di Jerman bacon disebut bakkon. Semuanya mengacu pada kata back, yaitu bagian belakang.

Meski begitu, bacon biasanya diambil dari bagian perut. Orang Inggris modern juga mengenal istilah gammon dan rasher sebagai bagian dari bacon.

Pada abad ke-12, sebuah gereja di Inggris berjanji memberi bacon kepada pria menikah yang berjanji tidak berkelahi dengan istrinya selama setahun dan sehari. Pria yang bisa membawa pulang bacon ke rumahnya bakal diharga komunitas.

Wah, menarik juga ya kalau pria-pria jaman now diiming-imingi bacon bila berhasil menahan diri untuk tidak berkelahi dengan istrinya selama setahun. (*)

Dapatkan berita lain mengenai Pangeran Harry pada artikel So Sweet, Pangeran Harry Rancang Sendiri Cincin Pertunangannya.

#Pangeran Harry #Meghan Markle #Bacon
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan