Arus Mudik di Bandara Soetta Mencapai Puncaknya, Sumut dan Bali Jadi Tujuan Terbanyak

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 19 April 2023
Arus Mudik di Bandara Soetta Mencapai Puncaknya, Sumut dan Bali Jadi Tujuan Terbanyak
Sejumlah penumpang saat beraktivitas di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang. (ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

Merahputih.com - Puncak arus mudik Lebaran terdapat ribuan penumpang pesawat memadati Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (19/4).

Direktur Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, menjelaskan pada arus puncak mudik hari ini akan terjadi pergerakan mencapai 245 ribu penumpang.

Baca Juga:

Pergerakan Pesawat di Bandara Soekarno - Hatta Bakal Capai 1.200

"Itu pergerakan penumpang di seluruh 20 bandara Angkasa Pura II," kata Muhammad Awaluddin kepada awak media di Jakarta, Rabu (19/4).

Untuk domestik yang tertinggi dari pergerakan itu menuju Kualanamu, Sumatera Utara selama periode H-8 dan H-5, mencapai 80.206 penumpang.

"Kemudian kedua Bali, 67.973 penumpang. Bali ini masih menjadi magnet, jadi mungkin masyarakat banyak juga yang memanfaatkan untuk liburan," kata Awaluddin.

Selanjutnya ada Surabaya dengan 57.176 penumpang. Disusul Makasar dengan 54.847 penumpang dan Padang 39.921.

"Kalau Padang ini kan memang ada ritual kan. 'Pulang besamo'. Jadi memang padang menjadi satu destinasi mudik yang cukup tinggi," ungkap dia.

Awaluddin menyebut untuk pergerakan pesawat di puncak mudik Lebaran 2023 ini diperkirakan akan mencapai 1.750 per harinya, dan paling tertinggi di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca Juga:

Puncak Arus Mudik di Bandara Soetta Diprediksi H-1 Lebaran

"Tidak kurang hari ini di 20 bandara akan terjadi pergerakan menuju sekitar 1.750 pergerakan, dan memang tertinggi adalah di Bandara Soekarno-Hatta. Bandara Soekarno-Hatta ini tidak kurang kita perkirakan ada sekitar 1.140 lebih pergerakan," sebutnya.

Awaluddin menjelaskan sinyal puncak arus mudik Lebaran sudah terlihat di Bandara Soekarno-Hatta. Ribuan penumpang sejak Rabu pagi memadati bandara Soekarno-Hatta.

"Sudah terlihat tanda-tandanya pagi ini pergerakan calon penumpang animonya cukup tinggi untuk mudik," ungkap dia.

Berdasarkan data sejak H-10 Lebaran atau 12 April hingga 18 April, 20 bandara AP II mencatat pergerakan pesawat tembus 11 ribu atau tumbuh 15 persen dibanding angkutan Lebaran tahun lalu.

"Dengan pergerakan penumpang sejak tadi malam mencapai 1,5 juta penumpang tumbuh 26 persen dibandingkan tahun lalu," kata Awaluddin.

Meski animo masyarakat cukup naik signifikan pada angkutan lebaran tahun ini, Awaluddin menyebutkan, pertumbuhan pergerakan pesawat masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan pergerakan penumpang. (Knu)

Baca Juga:

Polisi Bandara Tangkap Pelaku Perdagangan Orang, Korbannya 64 Orang

#Bandara #Bandara Soekarno-Hatta #Mudik #Mudik Lebaran #Sumatera Utara #Bali
Bagikan
Bagikan