Arus Balik, Polisi akan Jaga Sejumlah Pintu Masuk Jakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 31 Oktober 2020
Arus Balik, Polisi akan Jaga Sejumlah Pintu Masuk Jakarta
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo melakukan sidak ke Stasiun Tanah Abang, Senin (24/8). (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Libur panjang dalam rangka perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama akan segera usai. Dengan itu, masyakarat akan kembali ke wilayahnya masing-masing usai berlibur untuk menjalani aktivitas seperti biasa.

Terkait hal itu, Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik warga Ibukota akan dimulai pada Sabtu (31/10) dan Minggu (1/11) besok hari.

“Ya untuk arus balik kita perkirakan sudah ada peningkatan hari Sabtu dan Minggu ya,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnono Yogo saat dihubungi, Sabtu (31/10)

Baca Juga

Antisipasi Kepadatan Arus Balik Libur Panjang, Jasa Marga Siapkan Rekayasa Lalin

Sambodo mengatakan pihaknya sudah mengantisipasi peningkatan volume kendaraan arus balik tersebut. Pihak Polda Metro Jaya dikatakannya juga terus berkoordinasi dengan polda-polda jajaran lainnya dalam hal pengamanan arus lalu lintas ini.

“Kita akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau apakah peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama,” kata Sambodo.

“Artinya kendaraan-kendaraan dari arah Bandung dan daerah Palimanan dari arah Jawa tengah jika memang sudah terjadi peningkatan kita perkirakan setengah sudah masuk wilayah Polda Metro Jaya untuk kita lakukan upaya-upaya, kalau bisa kita akur kita bisa lancarkan,” sambung Sambodo.

Seperti diketahui libur panjang Maulid Nabi berlangsung dimulai pada 29 Oktober 2020 sampai 1 November 2020. Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bahkan sudah menyiapkan beberapa skenario pengamanan libur panjang itu.

Ada sebanyak 645 pos pengamanan yang disiapkan oleh Polri di titik-titik ruas jalan arteri maupun tol hingga lokasi-lokasi tempat wisata. Sebanyak 160.916 personel gabungan pun dikerahkan untuk memberikan rasa aman terhadap masyarakat yang hendak berlibur.

Baca Juga

Kawasan Puncak Macet, Tak Patuh Protokol Kesehatan Diminta Balik

Skenario selanjutnya yakni rekayasa lalu lintas diruas jalan tol seperti ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, pengaturan buka tutup di rest area, memperbanyak petugas card reader di pintu-pintu tol hingga melarang truk di atas tiga sumbu melintas di tol Jakarta-Cikampek. Skenario itu akan berlaku selama libur panjang Maulid Nabi. (Knu)

#Polda Metro Jaya #Dirlantas Polda Metro Jaya
Bagikan
Bagikan