Selebritas
Artis Korea Tersandung Kontroversi di Puncak Popularitas Sejumlah artis Korea tersandung kontroversi saat berada di puncak popularitas.(foto: Instagram @seonho_kim)

CANCEL culture atau penolakan di Korea Selatan begitu keras. Sejumlah selebritas yang terlibat dalam kontroversi akan mendapatkan sanksi sosial yang tidak main-main. Mulai dari pembatalan kontrak hingga petisi dari masyarakat untuk tidak muncul di layar kaca. Dengan cancel culture yang sangat lazim di dunia hiburan Korea saat ini, dapatkah para selebritas yang tersandung kontroversi masih diberi kesempatan kedua?

Sanksi yang muncul tergantung seberapa fatal kesalahan yang mereka lakukan dan apakah tuduhan benar-benar terbukti. Dari dua hal tersebut, publik, terutama penggemar, akan memutuskan untuk memaafkan kesalahan para aktor ini (jika tuduhan itu memang terbukti benar) atau menandai kejatuhan mereka yang tiba-tiba. Beberapa artis Korea tersandung kasus saat mereka di puncak popularitas. Berikut artis Korea yang mengalaminya.

BACA JUGA:

Identitas Terungkap, Mantan Pacar Kim Seon-ho Minta Maaf

1. Kim Seon-ho

kim seon-ho
Kim Seon-ho tersandung kasus dengan mantan pacar. (Instagram seonho_kim)

Beberapa waktu lalu, seorang perempuan mengaku pacaran dengan seorang aktor dan hamil. Sayangnya, sang aktor memintanya untuk aborsi karena takut itu akan mengancam kariernya. Perempuan tersebut menyebut inisial kekasihnya ialah K. Sontak semua perhatian tertuju ke Kim Seon-ho.

Publik semakin gempar saat sebuah media Korea memasang aktor yang diduga sebagai kekasih perempuan tersebut. Meskipun disensor, penggemar tahu bahwa aktor tersebut ialah Seon-ho. Belum juga ia merilis pernyataan resmi, sejumlah brand yang bekerja sama dengan dirinya langsung menghapus fotonya dari sosial media mereka.

2. Kris Wu

Kris Wu
Ditangkap polisi Beijing atas kasus pemerkosaan. (foto: Instagram @kriswu)

Mantan anggota boy band K-pop EXO, Kris Wu, ditahan oleh kantor polisi Beijing atas dugaan pemerkosaan. Kasus itu bermula dari laporan seorang mahasiswi berusia 19 tahun bernama Du Meizhu yang mengklaim bintang berusia 30 tahun itu memerkosanya.

Selain ia, ada 30 gadis lainnya yang mengaku diperkosa. Kris disebut membuat mereka mabuk sebelum memerkosa. Skandal tersebut memicu gerakan #MeToo di Tiongkok. Sejumlah merek memutuskan hubungan dengan Wu dan warganet sekarang menolaknya.

3. Seo Ye-ji

seo Ye-ji
Dituduh memanipulasi mantan kekasih. (foto: TvN)

Aktris Seo Ye-ji baru saja akan memulai babak baru dalam kariernya setelah popularitasnya melonjak berkat drama It's Okay to Not Be Okay. Namun, berbulan-bulan kemudian, nasibnya tiba-tiba berubah menjadi lebih buruk ketika berita tentang dia yang diduga memanipulasi mantan pacarnya, aktor Kim Jung-hyun.

Dia juga kemudian dituduh melakukan kekerasan di sekolah. Segera setelah kisah-kisah ini menjadi berita utama, sejumlah brand menarik dukungan mereka untuk Seo Ye-ji. Dia juga dituntut untuk keluar dari drama Island yang akan datang.

4. Ji-soo

Ji-soo
Dituduh melakukan perundungan. (foto: Instagram @actor_jisoo)

Ji-soo sedang membintangi serial River Where the Moon Rises ketika ia dituduh melakukan perundungan di sekolah. Ia juga dituduh pernah melakukan pelecehan seksual. Di tengah kontroversi Ji-soo membagikan surat permintaan maaf tulisan tangan di Instagram. “Saya dengan tulus meminta maaf kepada orang-orang yang menderita karena saya. Tidak ada alasan untuk kesalahan saya di masa lalu. Itu adalah hal-hal yang tidak bisa dimaafkan.”

Ji Soo digantikan Na In-woo dalam serial KBS itu. Ia telah dikonfirmasi untuk mendaftar wajib militer akhir tahun ini.

Itulah beberapa artis yang karirnya hancur di saat sedang naik daun. Bintang yang sedang naik daun seperti Jo Byung-gyu dan Park Hye-soo juga mengalami karier yang hancur dan reputasi yang tercemar oleh tuduhan bullying dan kekerasan di sekolah. Jo Byung-gyu baru saja menyelesaikan kesuksesan K-drama The Uncanny Counter ketika dia terlibat dalam kontroversi ini. Ada banyak aktor Korea lain yang menikmati ketenaran di masa lalu, tetapi ketika mereka terlibat dalam kontroversi, menjadi mustahil bagi mereka untuk kembali. (Avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Porsche 912 Dikonversi dengan Mesin elektrik
Fun
Porsche 912 Dikonversi dengan Mesin elektrik

Porsche 912 menggunakan mesin Tesla Model S.

Minati Atmanagara Buka Rahasia Awet Muda dan Tetap Bugar
ShowBiz
Minati Atmanagara Buka Rahasia Awet Muda dan Tetap Bugar

Selalu berusaha menerapkan gaya hidup sehat.

Segala Hal yang Pernah Kamu Tahu Tentang Berat Badan Mungkin Keliru
Hiburan & Gaya Hidup
Segala Hal yang Pernah Kamu Tahu Tentang Berat Badan Mungkin Keliru

Tidak ada bukti kuat yang menunjukkan berat badan yang lebih tinggi secara otomatis mengarah pada kesehatan yang lebih buruk.

Laznas BSMU Salurkan Lebih dari 100 Ribu Kantong Daging Kurban pada Idul Adha 1442 H
Hiburan & Gaya Hidup
Merasa Bugar saat Pandemi? Buktikan dengan 3 Cara Ini
Fun
Pentingnya Kesehatan Kulit untuk Proses Bonding antara Ibu dan Anak
Fun
Pentingnya Kesehatan Kulit untuk Proses Bonding antara Ibu dan Anak

Kesehatan kulit jadi faktor penting yang memengaruhi proses bonding antara ibu dan anak

Hati-Hati Akun Crowdfunding Game 'Coral Island' Palsu di Indiegogo
Fun
Hati-Hati Akun Crowdfunding Game 'Coral Island' Palsu di Indiegogo

pihak yang tidak bertanggung jawab membuka laman crowdfunding palsu mengatasnamakan Coral Island.

 Terjawab, Begini Cara Kelelawar Mencari Pasangan di Kegelapan
Fun
Terjawab, Begini Cara Kelelawar Mencari Pasangan di Kegelapan

Meski dalam kegelapan, kelelawar tetap bisa berkembang biak.

Setelah Monster, Song Kang Jadi Fakboi di ‘Nevertheless’
ShowBiz
Setelah Monster, Song Kang Jadi Fakboi di ‘Nevertheless’

Menampilkan kisah cinta yang realistis.

Siap-Siap Nonton American Music Awards 2021, Ketahui Dulu nih Fakta Menariknya
ShowBiz
Siap-Siap Nonton American Music Awards 2021, Ketahui Dulu nih Fakta Menariknya

Mereka selalu berhasil merayakan keberhasilan dan prestasi mengagumkan para musisi dari berbagai genre.